Beranda » Kontes » Palanta dan Blog Bikin Jempol Saya Jeblog!

Palanta dan Blog Bikin Jempol Saya Jeblog!

komunitas blogger sumatera barat

logo palanta

Uhuk-uhuk, apa kabar sahabat semua? Wah, ga terasa udah weekend aja ya? Nah, untuk menemani liburan sahabat, alangkah lebih baiknya kalau saya berbagi cerita tentang betapa menyenangkannya nge-blog itu.

Di zaman serba cyber seperti sekarang ini, sahabat pasti tidak asing dengan yang namanya blog? Iya dong, saat membaca tulisan saya ini saja berarti sahabat juga sedang membaca sebuah blog! Dewasa ini trend nge-blog sedang mewabah dimana-mana. Lalu, blog itu apa sih sebenarnya dan bagaimana memanfaatkannya? Yuk, coba kita telisik sejenak.

Weblog atau yang biasa disingkat blog merupakan sebuah aplikasi web pribadi yang dapat di update secara periodik dan kontinyu yang berisikan tulisan-tulisan (posting) pada halaman sebuah web umum. Ada banyak platform blog yang disediakan oleh web hosting, baik yang gratisan (semisal wordpress, blogspot, blogdetik, tumbler, dan lain-lain) maupun yang berbayar (memakai domain, contohnya: .com, .org, .net, dan lain-lain). Blog seringkali diidentikkan dengan sebuah diary karena kebanyakan blog berisi catatan harian seseorang. Akan tetapi pendapat tersebut tidak tepat karena banyak juga blog yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk.

Meskipun saya pribadi belum terlalu lama nge-blog, namun saya sudah merasakan banyak manfaat dari nge-blog itu sendiri. Manfaat utama dari kegiatan nge-blog yang saya rasakan adalah melatih kemampuan berpikir dan menulis. Karena menulis adalah latihan logika dan dengan menulis di blog saya memiliki resiko tulisan saya dibaca oleh semua orang, maka mau tidak mau saya berupaya menyajikan pikiran  saya secara terstruktur dan mudah dimengerti oleh pengunjung blog saya. Hal ini sejalan dengan cita-cita saya nantinya yang ingin menjadi penulis dan jurnalis. Blog menjadi tempat saya untuk latihan menulis.

Selain itu, nge-blog juga menambah relasi pertemanan saya. Saya jadi mempunyai banyak sahabat dari daerah lain seperti Amel dari Bau-Bau, Mbak Tyke dari Surabaya, Mbak Nie dari Pontianak, Iam dan Evan dari Bogor, bahkan hingga Zilko yang sedang menyelesaikan studinya di Belanda. Tentunya masih banyak lagi nama-nama sahabat yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Dengan banyaknya sahabat dari daerah-daerah lain, secara tidak langsung ilmu saya bertambah dengan mengunjungi blog-blog mereka. Yup, nge-blog juga menambah ilmu yang kita miliki lho! Saya jadi tahu kalau di daerah lain banyak tempat-tempat menarik yang dikunjungi. Saya juga belajar memaknai kehidupan dari tulisan-tulisan sahabat blogger lainnya. Saya pun mengetahui informasi-informasi terbaru dari tulisan yang disajikan di blog mereka.

Asal tahu aja nih, dari nge-blog kita juga bisa dapat hadiah-hadiah menarik. Lho, kok bisa? Bisa, dong. Soalnya, terkadang blogger lain mengadakan kontes menulis dalam kurun waktu tertentu. Kontes tersebut tentu saja terdapat hadiah bagi para pemenangnya. Saya sendiri sudah beberapa kali memenangi kontes dan mendapat hadiah yang menarik dari empunya blog. Kontes tersebut juga melatih saya menerima tantangan menulis sesuai dengan tema yang diminta.

Selain hadiah, nge-blog juga menghasilkan uang lho sahabat. Jika tulisan kita disukai pembaca, maka blog kita bakal jadi incaran para marketer untuk mempromosikan produk mereka. Dan tentunya ketika mereka mengiklankan produk mereka di blog kita, kita pasti mendapat komisi dong. Saya sendiri sudah beberapa kali ditawari oleh para marketer dari luar negeri, berhubung saya masih awam ya saya tolak aja.

Oh ya, bagi para sahabat yang pengusaha atau menjual suatu produk maka blog merupakan media yang tepat buat promosi. Hal ini dikarenakan sifat blog itu sendiri yang mudah diakses siapa saja. Promosi tak melulu masalah jualan barang atau sesuatu. Kita bisa loh mempromosikan kegiatan-kegiatan organisasi, sekolah, atau kampus kita lewat blog. Bahkan sekarang juga politisi yang memanfaatkan blog untuk mempromosikan diri mereka kepada masyarakat.

Nah, dengan berkembang pesatnya pemilik blog di Indonesia, orang-orang mulai berpikir untuk membentuk sebuah komunitas nge-blog. Belakangan, menjamurlah komunitas blogger yang terbentuk. Kebanyakan komunitas tersebut sifatnya kedaerahan/regional. Misalnya Anging Mammiri (komunitas blogger Makassar), Batagor (komunitas blogger Bandung), Bertuah (komunitas blogger Pekanbaru), Wongkito (komunitas blogger Palembang), Tugu Pahlawan (komunitas blogger Surabaya), dan lain-lain. Di Sumatera Barat sendiri terdapat Komunitas Blogger Sumatera Barat yang bernama Palanta.

Palanta berdiri pada tanggal 30 Desember 2007. Menurut Uda Eriandi yang mencetuskan nama Palanta, Palanta berarti tempat bertemu, tempat bermusyawarah, tempat makan-makan, tempat untuk bercanda, bahkan untuk tidur pun bisa. Palanta didirikan dengan tujuan menyatukan para blogger dari Sumatera Barat yang banyak beredar di dunia maya. Telah banyak kegiatan yang dilakukan oleh komunitas blogger yang satu ini. Baik berupa talkshow, hiking, tour naik kereta api dari Padang ke Pariaman, hingga workshop pesta blogger yang cukup meriah pada tahun 2010 lalu.

Menurut saya, banyak manfaat dari sebuah komunitas blogger. Selain menambah link pertemanan, komunitas blogger juga dapat menjadi wadah bertukar pikiran antara sesama blogger. Selain itu, komunitas blogger juga bisa menjadi medium promosi daerah masing-masing (bagi komunitas blogger yang sifatnya kedaerahan). Dan alangkah baiknya jika sebuah komunitas blogger juga mengadakan kegiatan-kegiatan sosial untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Sehingga masyarakat pun dapat merasakan manfaat dari adanya komunitas blogger tersebut.

Begitulah sahabat, sebuah blog dan komunitas blogger mempunyai manfaat yang sangat banyak. Jika kita sudah mempunyai blog, alangkah lebih baiknya kalau kita memanfaatkannya secara optimal. Tulislah tulisan yang bermanfaat bagi orang banyak dan biasakan untuk menulis secara teratur.

Yang patut diperhatikan pula, nge-blog juga punya aturan sendiri. Apabila kita mengambil tulisan dari blog orang lain, jangan lupa cantumkan sumbernya agar tidak dianggap plagiat. Satu lagi, agar blog kita ramai dikunjungi dan mendapat feedback dari orang lain, biasakan berkunjung ke blog orang lain (blogwalking) dan tinggalkan komentar. Tentunya komentar yang sifatnya membangun blog orang tersebut, bukan hanya komentar sampah yang malah membuat orang lain malas mengunjungi blog kita. Yaudah, yuk kita kembali nge-blog sampai jempol jeblog!

54 thoughts on “Palanta dan Blog Bikin Jempol Saya Jeblog!

  1. Kalao dulu aq ngeblog pake HP jd jempol ampek jeblog. Tapi skrng udah ga pake HP lg, jarang pake jempol wuehehehe.

    Iya bener, ngeblog manfaatnya emang ganda :). Tp sayangnya skrng waktunya lbh banyak untuk kegiatan offline hikz

  2. hmmm..saya masuknya komunitas blogger Indonesia aja deh…
    biar lebih banyak kawannya dan lebih luas wawasannya…
    hehehehe….
    tapi kalo ada komunitas lokal sih gak nolak juga untuk ikut rame-ramein.. :)

  3. Dan dakupun baru ngeh sama Palanta, salam kenal dari WongKito :)

    *ps: alangkah baiknya di homepage munculin artikelnya, jd tidak hanyak judul post n gbr dari artikelnya saja.
    Trims :D

  4. whaoww… baca tulisan ini jadi bisa lebih memahami tentang dunia per blog-an.. aku jugak belum lama nih ngeblog.
    asik tulisannya. bahasanya simpel, jadi mudah dimengerti.

    moga terus berjaya yaaa Palanta-nyaa ,. salam kenal dari Gresik :)

  5. Ping-balik: Lomba Posting 4 Tahun PALANTA | PALANTA - Komunitas Blogger Sumatera Barat

  6. masih heran lung, ini postingan kontes yaa?? hehe soalnya tadi baca di lebelnya ada di kategori kontes :D

    kalo dhe blogger nasional lung, dhe gk ikut komunitas blogger disini.. belum tertarik saja, hehe.. sukses ya untuk palanta nya..

  7. Dari blog, saya bisa mengenal Sulung :D
    Alhamdulillah saya anggota Blogger Sumut, tapi dari manapun asal komunitasnya, kita semua tetap dalam satu platform yaitu blog.

  8. mengkopi-paste tulisan orang, harus sertakan sumbernya. mengambil gambar dari internet pun wajib mencantumkan link balik, and no: ‘Google.com’ bukan sumber gambar. krn setelah dari google, kita akan meng-klik satu-persatu gambar secara terpisan kan? :)

    anyway, aku jg seneng ngeblog, krn dapet banyak teman :D si zilko itu termasuk temen lamaku di blog lho. sudha kenal dan saling mengunjungi sejak awal thn 2006.

    paling seneng kalo keep in touch selama bertahun-tahun dengan kawan blogger, kita bisa liat transformasi kehidupannya dia. sejak single – searching -married. atau sejak lulus SMA – masuk kuliah – skripsi- sampai pas kuliah S2 :)

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

