Sepasang Mata yang Menatap dari Selangkangan Istriku 

“Bang, matikan lampunya ya.”

Aku menurut. Dua minggu kunikahi, tak pernah mau lampu dihidupkan tengah kami bercinta. Entah mengapa.

***

“Kenapa harus dimatikan sih, Dik?” Aku meletakkan kepala di perutnya, masih bermandikan peluh.

“Ajaran Nenek, menghemat minyak.”

“Tapi kan kita pakai listrik. Pun, ia sudah tiada. Tewas dalam kebakaran katamu.”

Istriku diam, melebarkan pahanya perlahan. Sinar bulan yang menyusup ke arah cermin menjawab semuanya. 

Dalam keremangan, dari selangkangan istriku, tampak sepasang mata menatap. Mata menguning dengan iris kemerahan. Seperti mengancam, seperti menyimpan dendam.

“Nenek tidak pernah pergi, Bang. Tidak pernah,” bisiknya di telingaku sambil mengikik. Kuku panjangnya memusut leherku, perih.

——-

Flashfiction 100 kata tidak termasuk judul, untuk #HororisCausa

maxresdefault

Serunya Pokemon Go: Cara Bermain, Tips, dan Trik Menangkap Pokemon

Dirilis kurang dari seminggu, Pokemon Go telah membuat semua orang di dunia tergila-gila dengan permainan ini. Gim berbasis augmented reality ciptaan Niantic Lab, Nintendo, dan Pokemon Corp yang satu ini praktis menyedot perhatian banyak pihak. Selain euforia Pokemon, yang membuat gim ini begitu seru adalah permainan ini berbasis dunia nyata.

Pokemon Go membuat pemain dapat menangkap Pokemon yang diinginkan, dengan latar belakang dunia nyata. Tentunya hal tersebut dapat terjadi karena gim ini juga menggunakan kamera ponsel yang kamu miliki.

Jujur, buat saya sendiri, gim yang satu ini membuat banyak perubahan. Karena Pokemon Go berbasis dunia nyata dan GPS, pemain diharuskan untuk berkeliling mencari Pokemon. Jadinya saya yang biasanya tidur lagi setelah salat subuh, lebih memilih untuk berkeliling kompleks mencari Pokemon. Tak hanya itu, saya pun jadi tahu daerah-daerah yang tak pernah saya lewati sebelumnya karena saya berkeliling mencari Pokemon.

Nah, banyak teman yang bertanya apa sih Pokemon Go, bagaimana cara bermainnya, bagaimana cara menangkapnya, maka di tulisan ini saya mencoba menjawab semua pertanyaan tersebut. Ada beberapa tips dan trik juga yang bisa dicoba saat bermain Pokemon Go.

Kalau masih ada yang bingung dan kurang mengerti, jangan ragu untuk tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya.

Lanjutkan membaca “Serunya Pokemon Go: Cara Bermain, Tips, dan Trik Menangkap Pokemon”

Kejutan Ulang Tahun Pertama

Foto by: julialillardart
Foto by: julialillardart

Kamu melangkah tergesa menuju mahligai biasa. Rutinitas sehari ini membuat keringatmu berleleran. Namun, bukan itu yang jadikan wajahmu terlihat gulana. Sesuatu yang lain, mengganggumu belakangan.

Kamu seperti mendengar suara bisikan-bisikan. Lirih. Mirip desisan.

Gangguan itu muncul kapan saja. Tak peduli kau tengah di depan makhluk-makhluk bersayap, mengajarkan mereka pengetahuan yang kamu miliki. Bahkan, bulu-bulu halus mereka yang kerap membuatmu bersin. Tidak lagi kau acuhkan.

Bukannya kamu tidak berusaha. Tapi, meski telah menggusah, desisan itu selalu mampir di telinga. Menelusup ke liang terdalam. Kadang membuat bulu romamu sampai berdiri.

Kamu ragu menceritakannya ke sesiapa. Bahkan untuk sekadar mengadu keluhan. Soalnya, sepertinya cuma kamu yang merasakan. Anomali di tempatmu adalah ketidaklaziman.

Kadang kamu berpikir, betapa ingin memiliki seorang teman. Bercerita, berbagi keluhan. Namun apa daya, kamu diciptakan sendirian.

Hari apa sekarang? Apa di sana kamu mengenal tanggal? Musim berganti? Lalu, kenapa pandanganmu memancang ke luar?

Ah, bukannya aku tidak peka. Tapi, aku lebih suka mengamati perkembanganmu. Peraturan-peraturan di sana, cukup kamu yang tentukan.

Hei, sepertinya kamu benar-benar lelah. Baiknya kuakhiri hari ini yang cerah. Biar kuganti dengan gelap, dengan bulan yang merekah.

***

Badanmu bergerak ke kanan-kiri. Tidurmu terganggu? Tentu saja, sinar matahari mengarah tepat ke arahmu. Hari ini kamu telat bangun dan ibadah.

Suara-suara ribut memaksamu membuka mata. Sedikit memicing, lalu kau melihat para makhluk bersayap telah berada di pinggir mahligaimu. Semuanya tersenyum. Hari ini istimewa, ujar mereka.

Kamu membuka kotak yang aku persiapkan. Di dalamnya, sesosok makluk bersisik mendesis-desis. Persis seperti yang biasa kamu dengar.

Kau meraba dada yang terasa sakit. Ada sesuatu yang aneh, ujarmu pelan.

“Tulang rusukku, hilang sebelah.”

(Untuk MFF, 266 kata)

Berdasarkan fiksimini: @sgthrj

Ulang Tahun Pertama-Lelaki itu hanya termangu. Sebutir apel dan seekor ular melingkar menemaninya.

Danz Base: Permainan yang Pasti Membuat Anda Candu

Danz Base

Salah satu tulisan saya di blog ini yang paling ramai dikunjungi yakni tulisan tentang Pump It Up alias PIU. Yah, meski umur udah ga remaja lagi, gini-gini saya emang paling suka main di game station😀 Nah, kalau dulu saya memang biasa menghabiskan waktu luang saya dengan bermain PIU. Tapi makin lama, napas kok ya makin ngos-ngosan. Apalagi kalau udah level belasan ke atas. Lha dalah, jantung serasa mau meledak.

Saya pun mulai mengurangi intensitas bermain PIU. Mungkin juga faktor U yang buat saya ga kuat main PIU lama-lama😀 E tapi, sejak ada mesin baru yang namanya Danz Base, saya seperti menemukan pacar baru *halah.

Berbeda dengan PIU, Danz Base ini permainan yang mengharuskan player menari sesuai dengan gerakan karakter yang ada di layar monitor. Sensor di atas layarlah yang menangkap gerakan kita kemudian menilai apakah gerakan kita sesuai atau tidak.
Lanjutkan membaca “Danz Base: Permainan yang Pasti Membuat Anda Candu”

[Movie] La Famille Belier

POSTER la-famille-belier1

Kira-kira minggu lalu, saya dapat undangan liputan di Institut Francais di’Indonesie alias IFI. Letak gedungnya dekat dengan sarinah. Kebetulan, saya kenal dengan atase pressnya yang juga orang Minang. Berawal dari kenalan di satu acara yang diadakan IFI, sejak itu saya sering diundang acara-acara IFI. Baik yang memang bisa diliput atau cukup menjadi penikmat.

Nah, waktu itu saya diundang untuk meliput Festival Sinema Perancis (FSP) 2015 yang akan berlangsung tanggal 3-6 Desember. Sebagai festival film asing tertua di Indonesia, FSP selalu menyajikan film-film terbaik dari Perancis untuk dinikmati publik Indonesia. Nah, nantinya FSP akan hadir di sembilan kota di Indonesia, yaitu: Jakarta, Bandung, Denpasar, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makassar, dan Balikpapan

Salah satu film yang akan diputar nanti yakni La Famille Belier (The Belier Family) alias Keluarga Belier. Beruntungnya saya, film tersebut diputar di akhir konferensi pers dan bisa ditonton full. Yup, dari awal sampai habis. Lalu, bagaimana kisah film yang sempat bikin saya mewek ini?

Lanjutkan membaca “[Movie] La Famille Belier”

Setahun di Dunia Media, Ngapain Aja?

DSC_0006

Di tulisan yang ini, saya sempat bilang kalau saya bakal rutin ngeblog. Tapi yah namanya manusia. Kadang niatnya aja yang gede, tapi kalau udah praktik malah nihil. :p

Mungkin langsung aja, melanjutkan cerita yang sebelumnya, saya sempat mengikuti masa percobaan maupun hanya sebatas wawancara di beberapa tempat. Nah, nyatanya Tuhan tidak pernah tidur. Setelah empat bulan lebih sejak saya tiba di Jakarta, akhirnya saya diterima di salah satu portal berita online. Liputan6dotcom, pasti tidak asing dengan namanya bukan?

Lanjutkan membaca “Setahun di Dunia Media, Ngapain Aja?”