Menulis Dan Menjaganya

Baru kembali dari bertapa, nih! Setelah beberapa hari hilang dari peredaran, gua akhirnya buka blog gua yang isinya gonjang-ganjing ini. Hehe. Begitu buka dashboard-nya, gua dikagetin sama komentarnya Mbak Nandini.

“Selamat, tulisan kamu yang ini menang kontes (kira-kira begitu bunyinya).” Ujarnya.

Wah, gua langsung cek blognya Mbak Nandini di Atap Biru. Ternyata benar, tulisan gua yang judulnya Ikatan Itu Bernama Ukhuwah menang kontes Bahasa Cinta yang diadakan oleh Mbak Nandini. Alhamdulillah, yah? Sesuatu banget rasanya (halah).

Lalu apa tujuan gua buat tulisan ini? Bukan, g ada maksud sedikitpun buat gua buat riya atau menyombongkan diri. Apa, sih? Ilmu baru segede upil ini mau nyombong-nyombong segala? Gua cuma ingat pepatah Minang yang bunyinya:

Kaba baiak bahimbauan. Kaba buruak bahambuan.” yang artinya kira-kira Kabar baik dipanggil, kabar buruk diusir. Selain itu, gua juga pernah dengar kalau ketika kita mendapat kabar baik. Maka hendaknya kita membagi kabar baik tersebut kepada orang lain.

Kalau dipikir-pikir, gua yang bisa dibilang baru di dunia per-blog-an ini suka banget ikut kontes yang diadakan blogger lainnya. Bukan karena latah atau apa, hanya saja gua termasuk tipe orang yang suka dengan tantangan. Ketika ada seseorang yang menantang untuk membuat tulisan dengan sebuah tema, tangan gua langsung gatel-gatel. Hasrat ingin menulis pun tidak terbendung lagi. *tsaah! Nah, dari sekian banyak gua ikut kontes, rezekinya baru nyantol di Atap Biru ternyata. Hihi.

Bicara soal menulis, terkadang gua menulis tergantung sama mood gua saat menulis. Kalau misalnya mood  gua lagi rendah dan mendekati titik kegalauan, niscaya tulisan yang gua hasilkan seperti di Ikatan Itu Bernama Ukhuwah, Bisik Mencari Busuk, ataupun Lapau. Dengan kata lain, ketika gua agak-agak labil, tulisan yang gua buat seolah-olah nyastra banget. Lain lagi kalau mood  gua lagi stabil, tulisan yang gua hasilkan mengalir begitu saja. Pakai bahasa sehari-hari. Hehe.

Selain itu, seorang penulis niscaya mesti menjaga konsistensinya dalam menulis. Beberapa dari sahabat mungkin sering mengeluh, susah mencari ide ataupun g ada mood  buat menulis. Nah, meski gua bukan tipe orang yang banyak menghasilkan tulisan. Tapi tidak ada salahnya gua memberi tips cara menjaga konsistensi dalam menulis bukan?

1. Bawalah kertas coret-coret kemanapun kita pergi.

Ide itu ada dimana-mana. Pengalaman pribadi gua, terkadang ide itu datang tanpa diundang. Misalnya lagi jalan-jalan atau lagi bengong memperhatikan kegiatan orang, bisa saja ide datang tiba-tiba. Makanya gua senantiasa membawa kertas coret-coret kemana-mana. Atau minimal kalau gua g bawa kertas, gua ketik di hp dan gua simpan.

2. Tulis hal yang paling dekat denganmu dan yang paling kamu ketahui.

Nah, jika kita tidak ingin kehilangan ide dalam menulis, cobalah menulis hal yang paling kita ketahui dan paling dekat dengan kita. Bisa saja kita membuat tulisan tentang hal-hal unik yang terjadi di sekitar kita. Atau kita menulis tulisan sesuai dengan ilmu yang kita miliki. Misalnya gua membuat tulisan tentang Ibu Kosku Baik Sekali, sebab gua terkesan dengan kebaikan ibu kos gua. Atau tugas-tugas kuliah gua yang gua tulis di blog. Meski g ada yang mengomentari, toh banyak juga yang membaca secara diam-diam.

3. Jaga mood saat menulis.

Nah, ini yang paling penting. Sebab terkadang ketika sedang asyik menulis, wuss, ide ataupun hal yang ingin kita tulis hilang begitu saja. Buat mengakalinya, coba buat diri kita senyaman mungkin saat menulis. Boleh ditemani makanan kesukaan kita ataupun ditemani musik yang mengalun lembut.

4. Biasakan menulis setiap hari.

Kalau ini sih sebenarnya tips yang diberikan guru gua waktu di sekolah dulu. Menurutnya, seseorang yang rajin menulis/kontinu, niscaya otaknya akan terlatih mengemukakan ide-ide yang berseliweran di benaknya. Tulis apapun yang kamu alami hari itu. Boleh saat kita mendapat nilai jelek, saat kita mengalami kejadian aneh, ataupun saat kita jatuh cinta. Tidak perlu memikirkan kualitas tulisan kita tersebut saat itu, yang penting kita menghasilkan sebuah tulisan hari itu. Walaupun hanya untuk kita konsumsi sendiri.

5. Berkhayal/berimajinasi.

Kalau tips yang ini, cocok banget buat yang ingin menulis tulisan nonilmiah. Sebab dengan berkhayal, kita bisa menempatkan diri kita menjadi siapapun yang kita inginkan. Mau jadi penjahat, mau jadi tokoh utama. Terserah kita. Sebab menurut buku yang gua baca, pengarang itu manusia super. Ia bebas menciptakan tokoh sesuai dengan kondisi yang dia inginkan.

Nah, mungkin sekian dulu tips yang bisa gua bagi. Menjaga konsistensi dalam menulis, penting banget bagi seorang penulis ataupun seseorang yang ingin blog-nya ramai dikunjungi. Sebab, dengan semakin beragamnya tulisan yang kita buat, tentu semakin banyak pilihan pembaca saat membaca tulisan kita. Bagaimana dengan sahabat sendiri? apakah mempunyai kiat-kiat tersendiri dalam menjaga konsistensi menulis?

22 pemikiran pada “Menulis Dan Menjaganya

  1. pertama-tama, selamat ya menang kontesnya!😛

    Dan kedua, tips-nya bagus tuh! Dan kadang memang aku lakukan (yang membawa catatan itu), soalnya kadang ide muncul tapi kalo nggak ditulis bisa-bisa trus lupa sama idenya, hahaha😆 .

  2. jaga mood saat menulis itu penting banget ya, klo enggak nanti ditengah2 cerita malah blank dan kehilangan niat dan rasa dari ceritanya itu sendiri.

    selamat ya🙂 traktirnya kapan #dilempar baskom😛

  3. Selamat atas kemenangan Sulung!😀😀

    Nah, bersyukurlah bagi yang punya smarthphone yg enak untuk dibuat ngetik. Pas jalan, ada ide, langsung deh ketik di sana.😀

  4. Ping-balik: Bayar Dengan Uang Pas, Dong! « Dunia Jungkir Balik

  5. Hanyoo

    Siip tipsnya sederhana tapi semuanya bener, *menurutq*. Tpi ak msih blum ngelakuin bebrapa hal diats, pdahal pgen jdi penulis tp mood nulis malesx y ampun.😀.
    Btw, selamat y..

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

