[Movie] Orphan

orphan

Apa jadinya jika seorang anak yang bertingkah laku manis dan sopan ternyata menyimpan rahasia besar? Begitulah kira-kira pertanyaan yang mengendap di benak saat kita menonton film yang akan saya bahas berikut. Film ini bukan film biasa. Bagi yang menyukai film misteri dan memacu adrenalin, layak kiranya menonton film ini.

Orphan (2009) mengisahkan tentang sepasang suami-istri yang mengadopsi seorang anak berumur 9 tahun bernama Esther (Isabelle Fuhrman). Kate Coleman (Vera Farmiga) baru saja kehilangan bayinya karena keguguran. Meskipun ia sudah mempunyai dua orang anak yakni Daniel Coleman (Jimmy Bennett) dan Max (Aryana Engineer), tetap saja kehilangan seorang anak merupakan sesuatu yang memedihkan bagi seorang ibu. Kate sempat nyaris dipenjara karena ulahnya sendiri. Frustasi yang dialaminya membuat ia menjadi seorang pemabuk dan Max nyaris tewas di danau beku jika tidak ditolong oleh John Coleman (Peter Sarsgaard), suami Kate. Akhirnya Kate mengikuti rehabilitasi dan memutuskan mengadopsi anak demi menyembuhkan traumanya kehilangan anak.

Awalnya, Esther tampak seperti anak biasa. Ia sopan, berpendidikan, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Meskipun dandanannya kuno, tapi Max menyukai Esther karena Esther bisa memahami Max yang penyandang cacat (tuli). Tidak demikian dengan Daniel, ia tidak menyukai Esther karena Esther berusaha merebut perhatian keluarganya darinya. Kate pun awalnya sangat menyukai Esther. Esther mau terbuka pada dirinya sebagaimana layaknya hubungan seorang ibu dan anak. Akan tetapi, perlahan-lahan Kate mencium sesuatu yang tidak beres dari Esther.

Entah mengapa semakin lama Esther justru lebih dekat dengan John dan mulai membenci Kate. Selain itu, kelakuan Esther makin lama makin aneh. Ia tidak mau mandi jika kamar mandinya tidak dikunci. Dan lagi, banyak kecelakaan ataupun kejadian-kejadian aneh yang terjadi di sekitar Kate sekeluarga sejak  Esther masuk ke keluarga mereka. Kate pun berusaha mencari tahu siapa Esther sebenarnya. Akhirnya terkuaklah sudah rahasia yang disembunyikan Esther. Ia ternyata sebenarnya bukan anak kecil dan tidak berasal dari panti asuhan! Ia sebenarnya wanita dewasa yang mengalami penyakit genetis bertubuh kecil dan pasien rumah sakit jiwa di Estonia. Dokter di rumah sakit jiwa tersebut memperingatkan Kate bahwa ia dan keluarganya dalam bahaya!

Sayangnya, tidak ada yang mempercayai Kate. John lebih mempercayai Esther sedangkan Max senantiasa melindungi Esther karena diancam akan dibunuh. Peringatan besar dari dokter jiwa Esther adalah Esther sudah membunuh 7 kali. Ia membunuh anggota keluarga yang mengadopsinya karena ingin mendapatkan suami dari keluarga yang mengadopsinya. Daniel nyaris terbakar di rumah pohon karena ulah Esther. Begitupula Max, ia nyaris kecelakaan juga karena ulah Esther. Kate tidak tinggal diam. Ia tidak akan membiarkan keluarganya dalam bahaya. Lalu apakah Kate berhasil mencegah usaha Esther yang ingin membunuh semua anggota keluarganya? Silakan sahabat nikmati sendiri ketegangan dari film ini dan bersiap-siap terkejut dengan ulah si Eshter.

Orphan merupakan salah satu film misteri yang saya sukai. Film ini sudah lama saya tonton namun entah mengapa saya tidak bosan-bosan menontonnya. Menurut saya, Orphan berhasil membawa emosi penonton saat menonton film ini. Penonton akan merasa gregetan dengan ulah Esther yang mengacaukan keluarga Kate. Saya juga cukup kagum dengan akting Isabelle Fuhrman di film ini. Di suatu saat ia bisa tersenyum manja dan bertingkah laku layaknya anak kecil, namun ketika camera rolling Esther tiba-tiba saja tampak jahat dan keji. Tidak gampang memerankan seseorang berkepribadian ganda, menurut saya. Namun Isabelle Fuhrman sukses memerankannya. Isabelle Fuhrman sendiri sebenarnya memang benar-benar anak kecil, akan tetapi ketika di film ia harus menjadi wanita dewasa berumur 33 tahun, make up sukses mengubahnya. Isabelle Fuhrman di film ini memerankan seseorang yang penuh kepalsuan dan tipu daya.

Selain itu, saya mengapresiasi akting Vera Farmiga sebagai Kate di film ini. Ia menunjukkan kesungguhan seorang ibu menyelamatkan keluarganya yang terancam bahaya, meskipun hal tersebut membahayakan nyawanya sendiri. Ia nyaris tewas di tembak Esther, ia bertahan ketika ditikam Esther, dan ia selamat dari danau beku saat ia terjebur karena berkelahi dengan Esther. Kate menunjukkan insting sejati seorang ibu yakni menyelamatkan orang-orang yang ia cintai.

Di film ini pun kita bisa belajar bahasa isyarat orang tuli. Karena Max merupakan anak yang tuli, maka setiap keluarga Coleman berbicara selalu menggunakan bahasa isyarat agar Max mengerti perkataan mereka. Rating film ini pun cukup bagus, 7, 1 dari IMDB. Meskipun tidak menggondol penghargaan, film ini cukup menghibur bagi seseorang yang menyukai film horor. Tentunya, film horor ini berbeda dari film-film horor yang biasa diproduksi di Indonesia. Film ini mempunyai ide cerita yang kuat. Film ini juga tidak menampilkan sosok makhluk halus dalam usahanya mengagetkan kita, akan tetapi lebih kepada kekejian Esther yang berpura-pura menjadi anak kecil.

Tertarik menonton film ini? Silakan sahabat berburu film ini di tempat rental terdekat. Saran saya,  jangan langsung percaya dengan seseorang  yang tampak baik dan manis. Sebab bisa saja, ia menyimpan rahasia besar yang menanti untuk dikuak. Sama seperti Esther!

Quote: “If I find out that you’re lying, I’ll cut your hairless little prick off before you even figure out what it’s for. Do you understand me?” (Esther)

32 pemikiran pada “[Movie] Orphan

  1. Udah nonton film ini, dah lumayan lama kan filmnya.. Filmnya bagus, bisa ngerasain tension di tiap scene-scenenya yang mana itu harus kita dapet kalo nonton film thriller.
    Endingnya yang surprising soal si anak Psycho ini juga ngebuat saya terkaget2..😯

  2. Serem bgt. Aku udah nonton. Fakta bhw sbenarnya esther adalah prostitute dewasa adl yg mengagetkan. Trs lukisannya dia jg serem. Kalo gelap, bs kliatan aslinya, hiyyyyyy……

  3. Huwaaaa spoiler abis neh lung :p

    aku udh nonton film ini.. emang bagus banget.. aku aja gak nyangka ternyata dia orang tua.. dan pembunuhan2 dia emang kejam banget.. pas ibu panti dan yg lainnya.. keren deh.. aku suka banget film jenis beginian😀

  4. Ping-balik: [Movie] Source Code or Inception? « Catatannya Sulung

  5. bella salsabila r

    film ini pokoknya best ever deh, aku suka waktu end credits nya, sama waktu si esther berubah jadi kejam. aku tak bosan bosan nontonnya. sangking sukanya ku follow deh isabelle fuhrman, mulai dari style, cara bicara, ekspresi d.l.l sampai twitternya. sampai2 di followback:D (seneng banget waktu itu ) follow twitter aku ya @superduperbella and @fuhrmanizers (yg sudah di folback)

  6. selfbeside

    gue udh nonton film ini dan ternyata film orang gila, dan adegan tergila adlh penmpakan lukisan bokep-glow-in-the-dark nya, sumpahhhh malah jadi ngakak ternyata si esther sintingnya kebangetan

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s