[Actress] Helena Bonham Carter

Helena Bonham Carter poses with the Supporting...
Image by Beacon Radio via Flickr

Pernahkah sahabat mendengar nama Helena Bonham Carter? Jika belum, bagaimana dengan Bellatrix Lestrange? Saya yakin, banyak dari sahabat tahu nama tersebut. Ya, Helena Bonham Carter merupakan pemeran Bellatrix di Film Harry Potter.

Helena Bonham Carter merupakan salah satu artis dari Inggris yang paling sukses dan produktif. Sama seperti Johnny Depp, Helena Bonham Carter adalah artis serba bisa. Ia bermain di film-film sukses dan banyak memperoleh penghargaan dari peran-peran yang ia mainkan. Bisa dibilang, Helena Bonham Carter adalah artis yang paling sering berdamping dengan  Johnny Depp. Beberapa filmnya yang ia perankan bersama Johnny Depp yaitu: Sweeney Todd, The Demon Barber of Fleet Street (2007) dimana ia mendapatkan penghargaan artis terbaik dari The Evening Standard Britis Film Award; kemudian Charlie and the Chocolate Factory sebagai Mrs. Bucket (2005); Corpse Bride sebagai pengisi suara Corpse Bride (2005); dan juga Alice in Wonderland sebagai Red Queen (2010).

Sedangkan film-film lainnya yang cukup terkenal yaitu Frankenstein (1994); Fight Club (1999) bersama Brad Pitt; Planet of the Apes (2001); Terminator Salvation (2009); Harry Potter (and The Order of Phoenix, and The Half Blood Prince, and the Deathly Hallow Part 1-2); dan tentu saja The King’s Speech (2010).

The King’s Speech merupakan film bergenre drama biografi sejarah. Film ini mengisahkan seorang pria yang kelak akan menjadi Raja George VI, ayah dari Ratu Elizabeth II. Sayangnya, perjalanannya menjadi raja tidaklah mudah. George (Colin Firth) mempunyai masalah dalam berbicara. Ia gagap! Karena gagap itulah George menjadi tidak percaya diri, tidak ingin menjadi raja, bahkan merelakan saudaranya menjadi raja meskipun saudaranya tidak mempunyai kapasitas yang memadai untuk menjadi seorang raja.

Istrinya, Ratu Elizabeth (Helena Bonham Carter) mencari cara agar suaminya sembuh dari gagap. Telah banyak ahli terapi berbicara yang ia datangi, namun tidak satupun metode penyembuhan mereka dapat menyembuhkan penyakit gagap George. Akhirnya, ia mencoba datang ke Lionel Logue (Geoffrey Rush). Ia membawa George ke Logue yang mempunyai teknik berbeda dari ahli terapi berbicara lainnya.

Awalnya, George tidak mau diobati oleh Logue. Selain karena ia sudah merasa putus asa dengan segala pengobatan yang pernah ia lakukan, ia pun tidak suka dengan teknik yang Logue berikan. Logue berusaha mengorek-ngorek cerita kehidupan pribadi George dan bagi George hal tersebut sangatlah tidak sopan karena ia seorang bangsawan. Akan tetapi, ia tidak punya pilihan lain. Saudaranya yang telah didaulat menjadi raja, tiba-tiba memilih mundur demi mengawini seorang wanita yang ditentang kerajaan. Mau tidak mau, George mesti naik tahta. Ia pun kembali kepada Logue untuk mengikuti terapi bicaranya. Lalu akankah George sembuh dari penyakit gagapnya? Silakan sahabat tonton sendiri kelanjutan kisah seorang raja gagap tersebut.

Namun sebelum sahabat menonton The King’s Speech, ada satu hal yang ingin saya sampaikan. Jika sahabat tidak menyukai film yang serius, sebaiknya sahabat memilih film lain untuk ditonton. Sebab film ini merupakan film drama yang serius. Apalagi film ini berdasarkan kisah nyata sehingga dapat digolongkan film sejarah.

Akan tetapi, saya pribadi sangat menyukai film ini. Selain karena memang saya menyukai jenis film apapun, saya juga mengagumi akting Colin Firth di film ini. Colin Firth sukses memerankan seseorang berpenyakit gagap. Emosi kita sebagai penonton akan mengalir mengikuti akting Colin Firth. Ketika ia diejek oleh saudaranya sendiri; ataupun ketika ia dihardik ayahnya karena tidak mampu membaca dengan benar; bahkan rasa malu yang didapatkan George karena tidak bisa berpidato di depan rakyat banyak, tersampaikan dengan baik.

Film ini mengajarkan saya bahwa memang untuk berbicara di depan umum itu tidaklah mudah. Sama seperti yang saya pernah tulis di sini, jangankan seseorang yang gagap, saya yang mampu berbicara dengan lancar saja terkadang masih merasa gugup apabila harus berbicara di depan umum. Karenanya, kemampuan utama yang dibutuhkan seorang pemimpin selain kepemimpinan adalah kemampuan berbicara. Lihatlah Bung Karno, bagaimana ia mampu membakar semangat rakyat untuk memutus kerja sama dengan Malaysia. Atau bagaimana seorang Hitler memacu adrenalin tentaranya untuk membela Jerman? Saya salut dengan pemimpin-pemimpin seperti mereka.

Saya pun mengagumi sosok Elizabeth yang diperankan Helena Bonham Carter di film ini. Meskipun bagiannya tidak banyak, namun ia mampu memberikan warna pada film ini. Ia menunjukkan kepada kita bagaimana menjadi seorang istri yang baik, yakni senantiasa mendampingi suami bagaimanapun keadaannya atau apapun kondisinya.

Film ini menurut saya film yang layak ditonton oleh seseorang yang suka dengan sejarah. Jangan lupa, film ini memperoleh rating yang cukup tinggi di IMDB yakni 8, 3. Selain itu, film ini pun berhasil menggondol empat Oscar pada ajang Academy Award lalu. Selamat menyaksikan dan mari belajar menghargai seseorang yang berkekurangan.

Quote: “In the past all a King had to do was look respectable in uniform and not fall off his horse. Now we must invade people’s homes and ingratiate ourselves with them. This family is reduced to those lowest, basest of all creatures, we’ve become actors!” (King George V)

31 pemikiran pada “[Actress] Helena Bonham Carter

  1. Dia ini kan artis favoritnya Tim Burton (sekaligus istrinya). Di kebanyakan film Tim, Helena pun muncul. Sebut aja Alice in The Wonderland, Charlie n Chocolate Factory, Planet of The Apes, Corpse Bride, Sweeney Todd, dll

  2. aaahhh helena emang keren.. Aku suka banget dah sama dia..

    dan soal king speech aku nonton dong, emang keren filmnya, dan salah satu aku mau nonton neh film adalah cerita sejarah orang tuanya ratu elizabeth sekarang.. Ternyata dia punya anak perempuan yak, makanya elizabeth jadi ratu😀

  3. Saya tidak tahu awalnya tentang siapa yang dibahas di sini (Soalnya saya tidak nonton Harry Potter), tapi kalau bilangnya soal The King’s Speech, saya tahu,
    Soal pesan yang disampaikan dari filem itu juga bagus.

  4. Dengar-dengar King Speech memang bagus; tapi kayaknya filmnya terlalu serius gitu yah, hehehe😀

    Ah, aku kurang kenal dengan Helena Bonham Carter ini, hmmm, ternyata dia aktris yang hebat juga ya

  5. I dont like film serius tapi niscaya akan kutonton film ini krn aku suka sekali dgn film-film dgn setting keluarga kerajaan. lengkap dengan manner dan logat British mereka😀

    film dgn setting Inggris abad 18-awal abad 19an favoritku, ya film-filmnya Jane Austen. Sense and Sensibility, Emma, dll.

  6. Saya sudah lihat film King’s Speech di TV, drama inggris yang menawan… melihat 3 peran yang mempunyai karakter kuat : The King, istrinya dan guru privatnya yang punya metode non konvensional, lafal english yang kental banget😀

  7. klo ga salah, pertama kali saya kenal helena bonham carter waktu film Fight Club (Edward Norton and Brad Pitt). Termasuk film yang saya suka juga, karena endingnya bikin kaget.
    Secara face sih dia biasa-biasa aja, ga seperti kebanyakan artis lain yang jual tubuh (i mean sexy). Tapi dia punya karakter kuat di setiap penampilannya. LIKE HER!!!

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s