[K-Movie] Hello Ghost

Jika sahabat sering berkunjung dan mencicipi snack di blog saya ini, sahabat pasti tahu dong kalau saya suka me-review film-film? Yup, saya memang hobi nonton. Saya juga tidak terlalu pemilih dalam soal tontonan. Selama film tersebut menarik untuk ditonton dan menawarkan pesan, monggo. Akan tetapi entah kenapa saya tidak terlalu suka menonton film-film Indonesia. Mungkin karena ide cerita mereka kebanyakan sama saja? Sepertinya sudah saatnya sineas Indonesia lebih kreatif dalam memilih ide cerita.

Selain film-film Barat, saya juga suka nonton film-film dari dataran Asia. Contohnya Jepang dan Korea Selatan. Nah, omong-omong soal Korea, Korea memang paling jago buat film Drama. Seperti film yang akan saya bahas berikut. Filmnya memang sudah agak lama, sih. Tapi tak mengapa lah. Saya suka dengan ceritanya. Yuk, cekidot!

Hello Ghost (2010) atau dalam bahasa Koreanya ”Hellowoo Goseuteu,” mengisahkan seorang pemuda bernama Sang-Man (Cha Tae-Hyun) yang sudah putus asa dalam menjalani kehidupan. Dia pun berniat untuk bunuh diri. Namun entah mengapa usahanya tersebut selalu gagal. Sang-Man sudah mencoba terjun dari gedung tinggi, melompat ke sungai, hingga menelan obat banyak-banyak. Ujung-ujungnya dia selalu selamat dari kematian.

Setelah lolos kematian, Sang-Man mulai mengalami kejadian-kejadian aneh. Tiba-tiba ia bisa melihat hantu! Ada empat orang (eh, kalau hantu hitungannya pakai apa ya?) hantu yang mengikutinya kemana saja. Hantu yang suka minum alkohol, hantu yang suka merokok, hantu anak-anak, serta hantu wanita yang selalu menangis.

Hantu-hantu tersebut mengekori Sang-Man kemana saja. Bahkan ketika Sang-Man jatuh cinta dan berusaha pedekate dengan seorang perawat bernama Jung Yun-Soo (Kang Hye-Won), hantu-hantu itu masih juga mengganggu Sang-Man. Akhirnya Sang-Man pun berusaha menuruti keinginan para hantu agar ia bisa terbebas dari mereka. Sebab, hantu-hantu tersebut baru mau pergi jika Sang-Man mau menolong mereka mewujudkan keinginan mereka yang belum terlaksana semasa hidup. Nah, jadi apakah Sang-Man akan terbebas dari hantu-hantu tersebut. Lalu siapa sih sebenarnya empat orang (?) hantu itu? Sahabat tonton sendiri, ya. Sebab sahabat pasti akan dikagetkan dengan akhir cerita film ini.

Buat saya pribadi, film ini film yang unik. Awal saya nonton film ini, saya merasa film ini alurnya terlalu lambat. Meski begitu, saya cukup dihibur dengan adegan-adegan lucu di dalamnya. Sebab memang film ini genrenya komedi romantis.

Lho, jadi dimana letak keunikannya dong? Nanti dulu, tunggu sampai sahabat menonton bagian ketika para hantu akhirnya pergi meninggalkan Sang-Man. Saat itulah sahabat akan dikejutkan dengan kenyataan sebenarnya. Sumpah, film ini berhasil buat saya nangis mewek di akhir cerita. Dari awal sampai pertengahan, kita disuguhi cerita yang lucu dan terkesan agak datar, eh di akhir cerita kita malah dibuat nangis dengan kenyataan siapa hantu-hantu tersebut sebenarnya.

Saya acungkan jempol buat akting Cha Tae-Hyun di film ini. Dia cukup berhasil mengocok perut saya dengan tingkah konyolnya. Tapi yang paling membuat saya salut adalah adegan saat ia berlari dan menangis dengan mulut yang penuh kimbab. Soalnya ia bisa tetap mempertahankan mimik sedih dan sekaligus membuat saya tertawa dengan tampangnya. Dan lagi, kalau tidak hati-hati bisa saja Cha Tae-Hyun tersedak saat berlari sambil mengunyah kimbab.

Meski begitu, tetap ada kekurangan dari film ini. Menurut saya, ada bagian yang sedikit mengganggu di akhir cerita. Seharusnya setelah Sang-Man menyadari siapa hantu-hantu itu dan berfoto dengan mereka, film berakhir sampai di situ. Tidak perlu ditambah dengan flash-back bagian Sang-Man yang gagal bunuh diri karena ternyata ditolong oleh para hantu. Sebab kesedihan/keharuan yang dibangun oleh adegan sebelumnya jadi luntur dengan adegan yang terkesan dipaksa agar film ini berakhir lucu.

Oh ya, bagi para sahabat yang takut dengan hantu, tak perlu takut nonton film ini. Sebab di film ini hantu-hantunya tidak menyeramkan, kok. Bahkan terkesan seperti manusia biasa saja. Walaupun memang di poster dibuat seseram mungkin.

Psst, setelah nonton film ini, mau tidak mau saya jadi ngelirik ke sudut kamar. Sahabat pasti tahu kan kalau di cerita saya yang ini saya bisa melihat penampakan seorang wanita di sudut kamar kos saya? Nah saya jadi berpikir penyebab si hantu tak pernah menganggu saya, mungkin si hantu adalah seseorang dari masa lalu saya dan menjaga saya. Sama seperti film Hello Ghost. Yaah pada akhirnya, saya beri nilai 8 buat keseluruhan film ini dengan ending-nya yang mengejutkan.

49 pemikiran pada “[K-Movie] Hello Ghost

  1. Cha Tae Hyun emang termasuk aktor yg super berbakat… film2 dia yg lain jg bagus.. coba deh tonton Speedy Scandal, disana dia jadi org usia 30an yg ternyata udh pny anak & cucu…😀

    setuju Hello Ghost ini, bikin mewek di akhir filmnya…😀

  2. Ceritanya sepertinya menarik ya.

    Andai sineas Indonesia bisa sekreatif ini. Sama-sama bergenre horor (berhantu gitu maksudnya), tapi dari segi kualitas ceritanya sepertinya Hello Ghost ini jutaan kali lebih bagus daripada film horor Indonesia ya? hahaha… . Eh, tapi ini genre horor bukan sih? Kalau membaca review-nya, sepertinya bukan terlalu horor kali yah, hmmm

  3. Pas baca di awal, sudah mau teriak aja, “JADI HANTU-HANTU ITU SIAPA???”
    ternyata di bagian akhir dijelasin. hahaha.. gak jadi tanya deh :p

    Mmmh,. gimana kalo nyebutnya 4 ekor? ato 4 ikat? ato 4 batang?? *ehh :p

    Nah nah,. aku gak suka film horor. tapi kalo film ini, kok rasanya jadi pengen nonton yaa.. hihi

  4. wah…film ini udah pernah saya tonton…,awalnya saya ga ngerti dan sempat berpikir ga bagus nie film,tapi saya penasaran,sebenarnya apa sih maksud dibalik film ini dan ternyata berhasil meneteskan air mata saya seember,hiks…hiks..hiks…

  5. wah saya juga suka drama dari dataran asia khususnya J-dorama atau K-dorama. Hemm untuk hello ghost saya belum pernah nonton. Sepertinya menarik.
    Kalau ngomongin film korea, saya pernah nonton yang bagus itu ‘my sassy girl’, ‘love concerto’.

  6. wah, ada Cha Tae Hyun! pertama kali liat di my sassy girl, mikirnya ‘ini orang ga menarik banget dah..’ hahaha…
    trus nonton dia pas jadi guest di Running Man, dan aslinya emang gokil abis, jadi pengen ngeliat lagi deh. Akhirnya nemu speedy scandal.
    dan kalo dipikir2 di my sassy girl maupun speedy scandal dua2nya diperanin dengan pas.
    Jadi penasaran sama yg ini. Jangan dihapus dulu ya lung. kalo pulang kk mau ngopy..😀

  7. Viechubby love hyukie

    Wah… Jdi penasaran nie pengen nonton… Tp gda wktu nya, kira2 dvd nya msih ada gg ya? Ach…tp psti susah nonton abisnya sibuk trus, gda wktu, jgnkan nonton yg ini, tu dvd korea yg yg numpuknya bejibun lum pda di tonton… #curcol *komen gg guna, abaikan….

  8. endingnya mengejutkan sekaligus mengharukan… saya masih ingat saya mewek parah waktu si tokoh utama akhirnya menyadari siapa hantu-hantu itu dan lari pulang ke rumah dengan mulut penuh kimbap😦

  9. filmnya muter2….wkwkwk, buset lah, ini sutradaranya jago banget! bisa bikin cerita yang membongkar seluruh rahasia pemeran utamanya di menit2 akhir! wkwkwk salut!😀
    ada sedih…..kocak…..konyol malah, hahaha..😀
    oh iya, kalau ada yang tau lagu instrument yang suaranya kaya SAXOPHONE, tolong bagi2 ya🙂 mati2an nih nyari gak dapet2….. -,-

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

