Hajatan Anak Pertama

Tak terasa, setahun sudah saya menulis di blog ini. Berawal dari keinginan yang kuat untuk berbagi buah pikiran pada orang lain, maka terciptalah blog ini. Banyak pengalaman yang saya dapatkan sejak menjadi seorang blogger. Pengalaman paling berharga tentunya belajar dari tulisan sahabat-sahabat blogger lainnya. Melalui blog ini pulalah saya berkenalan dengan teman-teman blogger dari berbagai daerah. Nah, karenanya dalam rangka syukuran satu tahun blog catatannyasulungbeserta syukuran bertambahnya umur, saya berniat mengadakan hajatan kecil-kecilan. Hajatan ini saya beri nama Hajatan Anak Pertama. Dengan beberapa ketentuan tentunya. Yuk, disimak!

Kategori

Hajatan ini dibagi menjadi tiga kategori:

1. Kategori Nonfiksi

Tulisan mengenai Anak Pertama. Tulisan berisi pengalaman menjadi anak pertama, pengalaman mempunyai anak pertama, bertemu dengan kenalan baru yang ternyata anak pertama, pacaran dengan pacar yang ternyata anak pertama (maksa banget), pengalaman punya pembantu yang anak pertama (lebih maksa lagi), pokoknya ada hubungannya dengan anak pertama! Namun tentunya tulisan tersebut bukan berupa khayalan belaka.

2. Kategori Fiksi

Tulisan berupa cerpen yang ber-setting di suatu tempat, boleh di luar negeri atau di dalam negeri. Temanya bebas, mau tentang cinta, persahabatan, apa pun boleh. Yang harus diingat, cerpen yang baik mempunyai setting yang kuat. Dan setting yang kuat hanya dapat tercipta apabila sang penulis melakukan riset sebelumnya. Jika belum dapat gambaran bagaimana bentuk cerpen dengan latar yang kuat, sahabat bisa membaca di tulisan yang ini atau yang ini.

3. Kategori Arisan

Untuk kategori ini, semua peserta boleh ikut. Baik punya blog atau tidak. Sahabat cukup hanya menuliskan ucapan selamat maupun pesan bagi saya yang berulang tahun. Ucapan yang saya harapkan tentu saja ucapan yang membangun, baik bagi diri saya sendiri maupun tentang blog ini.

Syarat dan Ketentuan

1. Undangan Hajatan Anak Pertama merupakan blogger yang memiliki alamat di Indonesia dan mempunyai blog pribadi dengan platform apapun (blogspot, wordpress, blogdetik, dll).

2. Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sangat tidak dianjurkan menggunakan bahasa 4L4Y. Boleh terdapat kata-kata dari bahasa daerah/asing, asal dimiringkan (untuk kategori nonfiksi, gaya tulisan bebas. Tapi tetap tidak menggunakan bahasa 4L4Y).

3. Tulisan merupakan karya pribadi yang belum pernah dipublikasikan di media cetak/elektronik serta diikutsertakan dalam kontes dengan tema yang sama.

4. Tulisan tidak mengandung unsur pornografi, SARA, maupun provokatif.

5. Panjang tulisan dibebaskan. Tulisan dipublikasikan di blog masing-masing, sedangkan untuk kategori arisan cukup dibuat di kolom komentar. Untuk kategori nonfiksi, apabila ada kata anak pertama, harap di-link ke https://catatannyasulung.wordpress.com/

6. Undangan diperbolehkan mengikuti tiap kategori dengan syarat satu tulisan untuk tiap kategori (kecuali kategori arisan, boleh sebanyak-banyaknya).

7. Karena hajatan ini merupakan hajatan pribadi, maka penilaian dilakukan oleh saya sendiri.

8. Mendaftarkan nama undangan pada kolom komentar dengan urutan:

Nama:

Judul:

URL:

Kategori:

9. Memasang banner berikut di blog sahabat (maaf, masih nyoba-nyoba pake yang gampang aja). 😀

10. Diakhir tulisan, terdapat kalimat “Tulisan ini diikutsertakan pada Hajatan Anak Pertama yang diadakan oleh Sulung Lahitani” dengan link hidup yang menuju tulisan ini.

11. Pendaftaran dimulai dari tanggal 20 Juni 2012 hingga 20 Juli 2012 pukul 23. 59 WIB.

12. Pengumuman pemenang (insyaallah) tanggal 28 Juli 2012.

Bingkisan

1. Untuk kategori fiksi, cerpen terpilih yang memiliki latar kuat serta kepaduan antar unsur-unsur intrinsik lainnya akan mendapat bingkisan berupa novel Tiga Cinta, Ibu karya Gus TF Sakai dan buku kumcer Juru Masak karya Damhuri Muhammad.

Hajatan Anak Pertama-Catatannyasulung

Hajatan Anak Pertama-Catatannyasulung

Sebagai catatan, Gus TF Sakai dan Damhuri Muhammad merupakan penulis-penulis asal Sumatra Barat yang karya-karya bertebaran di media cetak, seperti Kompas, Tempo, Media Indonesia, dll. Cerpen-cerpen mereka berdua pernah dimuat dalam Cerpen Kompas Pilihan, sedangkan buku kumcer Gus TF Sakai Kemilau Cahaya dan Perempuan Buta mendapat hadiah Sastra Lontar 2001 dari Yayasan Lontar untuk pencapaian artistik dari segi tema dan stilistika.

2. Untuk kategori nonfiksi, bagi tulisan yang paling menarik disediakan bingkisan berupa novel Misteri Pedang Skinheald karya Ataka dan delapan helai kartu pos unik bergambar karakter novel Misteri Pedang Skinheald.

Hajatan Anak Pertama-Catatannyasulung

Hajatan Anak Pertama-Catatannyasulung

Sebagai catatan, Ataka merupakan penulis cilik yang pernah diundang Andy F Noya di acara Kick Andy dalam episode “Cara Gila Menulis Buku.”

3. Untuk kategori arisan, setiap komentar dari semua undangan akan diundi untuk mendapatkan kiriman pulsa senilai Rp. 20. 000,-

Apabila ada pertanyaan, silakan ditanyakan kepada empunya hajatan. Berhubung hajatan ini merupakan hajatan pertama saya, diharapkan kritik dan sarannya. Terima kasih. Selamat berkarya.

Update:

Berhubung banyak yang bilang banner-nya susah diambil atau ga muncul, maka saya putuskan untuk syarat nomor 9 dihapus aja. Pake banner, syukur. Ga pake juga ga pa2. Pokoknya yang penting semua seneng aja, deh. 🙂

Iklan

203 pemikiran pada “Hajatan Anak Pertama

  1. wahh udh 1 tahun yaaa..selamat yaa bro..moga makin panjang segalanya :D..absen dulu yaa bro..susah amir kalo buat postingan yg agak serius macem cerpen non alay gini..huahahah :)..

      1. tapi maslahnya ini kudu make bahasa indonesia yg baik dan benar ditunjang jg dengan EYD -_-..bnyk alesan ya gue..muhehehe..btw gue cuma mau blg semoga sukses dg GA nya bro..kalo hadiahnya sisa,gue siap menampung..

  2. Ping-balik: Lampu Tidur « Falzart

  3. kak ikut kategori ketiga :mrgreen: sama yang kedua sih rencananya.__.

    selamat ulang tahun kak Lung 😀 nambah umur yang keberapa nih? semoga panjang umur, sehat selalu, makin dewasa, makin cakep, makin tinggi, makin pinter, makin punya banyak network, makin punya banyak pacar *plak, pokoknya wish u all the best kak :mrgreen:
    ohyaa, semoga tetep rajin ngeblog sampe tua mengujung! semoga ntar blognya pake domain sendiri, terus-menerus berkarya. hits-nya makin banyak. terus kakak jadi penulis beneran ! *ato apapun yg dicitacitain deh, saya kan baru kenal. jadi nggak tauk :mrgreen: v *

    pokoknya selamat hari jadi main tua setaun kak ! 😀

    kak, masang banner nya tinggal copas gitu ? saya ngoba kenapa nggak bisa ya…

  4. Aih, ada yg ultah. Happy bday buat blognya ya Lung, Sukses terus dan ga bosan nulis ya.
    insyaALLAH aku ikutan GAnya nanti, cari ide dulu he he.

  5. Hai, Lung. Udah lama gak kesini. Tahunya udah ultah tokh. Eh blognya atau orangnya ni? :p
    Panjang umur aja dah buat dua-duanya. Hehe.

    Eh nanya dong. Itu kalo aku buat cerpen fiksi tapi temanya anak pertama, boleh gak?

  6. 'Ne

    waahhh Selamat ulang tahun untuk blognya ya..

    semoga akan terus eksis dan terus menulis, dan tulisannya bisa bermanfaat buat sesama blogger ataupun silent reader.. Keep writing 😀

    salam..

  7. Pak Guru Sulung, semoga dikaruniai usia yang manfaat dan penuh barokah dan ridho-NYA. Sehat senantiasa, lapang rejeki, dan terkabul keinginannya. Aamiin 🙂 Maap telat 😀

  8. Ping-balik: Menunggu di Tepi Hujan « Falzart

  9. wah, pengen ni ikutan ni, kebetulan anak pertama juga dan memang pengen cerita juga gimana jadi anak pertama. KEBETULAN..! mudah2an sebelum lewat tanggalnya udah selese bikin ceritanya. hehe
    berhubung belum diposting, nama-judul-URLnya nyusul aja ya…

    selamat ya sulung, mudah2an selalu diberi kesejahteraan sama YME.. 🙂

  10. selamat ulang tahun ya sulung.. ciye.. udah beranjak gede nih.

    pengen ikutan hajatannya juga nih. kebetulan anak pertama juga. midah2an sebelum kelewat tanggalnya udah bisa posting ceritanya. hehe

  11. Ping-balik: Pertama | Gandi Fauzi

  12. waaahhh udah setahun aja toh ternyata.. happy bday yak sulung dan blognya 😀

    malu deh aku udah mau masuk tahun kedua belum ada pernah ngasih GA padahal udah sering pengen tapi mentok di ide dan kemalasan.. hahahaha >.<

  13. Ping-balik: Merah « Try 2B cool 'n smart…

  14. Salam kenal dan sukses buat hajatannya,,, sebetulnya tertarik juga untuk ikutan, tetapi tulisanku terahir yg ada sedikit relevansinya sudah diposting tadi pagi,,, boleh gak diikutsertakan ?
    Kalo gak boleh ya lain kali deeh,,,
    Trims.

  15. Anonim

    saya anak ketiga…heheh..
    saya mau ikut yang arisan aja deh…

    pesan saya:

    “Selamat ulang tahun, dan semoga panjang umur, berkah hidupnya, dan selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa… amin..”.

    1. maaf, tadi ngga sengaja kepencet tombol enter, jadinya Anonymous deh, belum masukin nama…

      kalau bisa,yang anonymousnya di delete aja ya…
      yang ini yang perbaruannya..

      saya anak ketiga…heheh..
      saya mau ikut yang arisan aja deh…

      pesan saya:

      “Selamat ulang tahun, dan semoga panjang umur, berkah hidupnya, dan selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa… amin..”.

  16. Idah ikut kategori Arisan dulu ya mas. .. 🙂

    Tuhan, ijinkan aku meminta kebahagiaan untuk temanku ini. . .
    Lewat angin yang tertabut, yaitu ucapan doa dariku. . .

    Tuhan,
    Muliakanlah dia,
    Ikhlaskan dia dalam taqwaMu,
    Bahagiakan ia bersama keluarga dan orang yang ia sayang,
    Berkahi ilmu, rejeki dan kesehatannya,
    Eratkan tali pertemanan kami,
    Berikanlah kedewasaan jati diri padanya,
    Mudahkan doa dan cita-citanya,
    Mudahkan segala urusan-urusannya dan berilah yang terbaik untuknya. . .
    Aamiin. ..

    Salam Senyuum. . . ^_*

  17. Ping-balik: CORRUPTED FILE AT MICROSOFT WORD MADE ME STRESSED ! | Words of Thousand Stories

  18. Assalamu’alaykumwrb… sukses yah semuanya! ^^

    Sepertinya Saya tidak memenuhi kriteria untuk ikutan… “nih blogger ada di ujung dusun negeri Polandia”, bukan dalam Indonesia tercinta, yaks….
    Salam ukhuwah dari Krakow, (senengnya mnjadi) istri sholehah si anak pertama deeeeh, pakdhe budhe…

  19. wah keren juga niy idenya …. ultahnya emang kapan say?
    btw kalau peserta yang kirim cerpennya banyak dan bagus2 … dikirim kepenerbit aja say jadi kumcer. lumayan tuh..jadi bisa bikin antologi 🙂

  20. Ping-balik: Anak Pertama (A Story by Nair al Saif) « A Tale of My Adventures

  21. Ping-balik: Dia si Anak Pertama | Perjalanan Panjang

  22. abedsaragih

    Mau ikutan tapi,,udah pada ramai yang ikut 🙂

    Sebelumnya saya Ucapkan ulang tahun buat blog sobat saya catatansulung semoga blognya banyak memberi manfaat bagi orang banyak yang membacanya.AMIN.

    Sukses ya sob.

  23. Selamat ulang tahun blog yang ke satu ya mbak.
    Semoga semakin rajin menulis dan menuai banyak manfaat dari ngeblog
    Pengen ikutan ah. *nyari ide dulu :D*

    1. Sudah terdaftar sebagai Peserta Hajatan Anak Pertama, Mbak Fardelynhacky
      Maaf, agak susah komen di blog-nya. Mungkin krn ane platformnya wordpress
      Pokoknya udah dicatat deh, hehe
      terima kasih atas partisipasinya 🙂

  24. Ikut yang arisan dulu ya kak, sebagai perkenalan ^_^

    Selamat ulang tahun untuk blog Kak Sulung
    Semoga semakin rajin update postingan
    dan postingan Kakak dapat menjadi inspirasi para pembacanya

    Salam kenal dari Semarang

  25. Kategori Arisan :

    Selamat Hari Burung kak sulung 🙂
    semoga semakin sukses, mengudara di dunia maya. sehat selalu, dan di berikan rizki yang bermanfaat.
    aku do’akan agar kaka slalu bahagia ^^

  26. Ping-balik: Duo si abu-abu. « Langkah Catatanku

  27. Ping-balik: Menjadi Sulung Itu… « Segores Pena Phie

  28. Hai, Sulung 🙂 Salam kenal ya.

    Sebelumnya saya ucapkan selamat atas pertambahan usia.
    Semoga keberkahan Allah SWT senantiasa beserta di sepanjang jejak usia. Aamiin..

    O ya, sekalian Ingin ikutan giveaway-nya nih.

    Nama: Palupi Jatuasri
    Judul: Menjadi Sulung Itu…
    URL: http://asree84.wordpress.com/2012/07/20/menjadi-sulung-itu/
    Kategori: 1 (nonfiksi)

    Sukses selalu untuk postingan selanjutnya ya. Tetap bahagia menjadi sulung, karena menjadi anak sulung itu istimewa.

    Salam hangat dari kaki Merapi,
    :mrgreen: Phie

    1. Salam kenal juga, Mbak Phie
      Terima kasih banyak atas do’anya, saya cuma bisa mengaminkan 🙂

      Sudah terdaftar sebagai peserta Hajatan Anak Pertama ya, Mbak
      Terima kasih tas partisipasinya 🙂

  29. Mas sulung, ikut arisan yaa #ayoo di kocok sapa yang dapet #upss.. 😀

    Mas selamat ulang tahun yaa, panjang umur semuga barokah umurnya, makin banyak rejekinya, tiada kata2 indah yang dapat niar rangkai untuk anda mas, hanya doa yang tulus untuk masa depan muh yang lebih baik dan benar, amien amien amien yaa robbalallamien 😀

  30. Ping-balik: Menjadi Yang Pertama | Dunia Pagi

  31. Ping-balik: A Niall Horan Love Story – Tiada [Ramai Sequel] (1) | Words of Thousand Stories

  32. Ping-balik: A Niall Horan Love Story – Tiada [Ramai Sequel] (2) | Words of Thousand Stories

  33. selamat ulang tahun yo uda, buek blog nyo. hehehe, awak lai dari padang mah da… ba a kaba padang kini da?

    sukses selalu untuk mas Sulung, semoga sehat selalu

    #semoga nama ku yang keluar# eits, sabar! arisan belom dimulai…

  34. Ping-balik: Pesantren Ramadan « Catatannya Sulung

  35. Ping-balik: Pengumuman Pemenang Hajatan Anak Pertama « Catatannya Sulung

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s