Back In 2013

735049_4225227909091_1813845528_n

Hei! Lho, kok kaget? bongo_024 Iya, saya masih hidup lho. Mungkin sahabat blogger mengira saya mati suri saking ga terurusnya ini blog, ya? Yah, tapi mau bagaimana lagi. Tahun lalu banyak sekali hal yang membuat saya jarang nulis di blog (apalagi blogwalking). Banyak kendala, dari kesibukan mengajar, sibuk dibuat-buat (baca: jalan-jalan), sampai sibuk menata hati #tssah. Bukan sok melankolis sih, tapi emang sebuah peristiwa membuat saya jadi malas berkarya dan larut bergalau-galau ria (bisa dibaca di sini). Tapi kemudian setelah berkali-kali berpikir, membaca buku-buku motivasi, dan curhat sama yang di atas, akhirnya saya nyadar. Buat apa saya mempermasalahkan sesuatu yang bahkan orang tersebut tak pernah menjadikannya masalah. Ya, terbukti dari ia yang tak memberi kabar bertahun-tahun! Halah, udah mulai emosi lagi nih jadinya #tariknapas. Ya sudahlah, saya ingin melupakan saja masa lalu tersebut dan mulai menata masa depan saya saja. Lebih baik saya memfokuskan diri buat membahagiakan keluarga saya yang masih ada saja, kan?

tumblr_mc50w73xaB1qzr04eo1_500

Omong-omong soal tahun baru, ga lengkap rasanya kalau kita menapaki tahun yang baru dengan perencanaan-perencanaan atawa target-target yang ingin dicapai di tahun baru ini. Saya pribadi sih, ada beberapa hal yang ingin saya perbaiki dari diri dan kehidupan saya. Yuk di ekspos #sok seleb #zoom in.

1. Berat Badan

Berat badan masuk dalam daftar utama perubahan yang ingin saya capai di tahun baru ini. Bayangkan sodara-sodara, sejak SMA hingga sekarang, berat badan saya tidak pernah lebih dari 50 kg! Selain dikarenakan saya ini orangnya malas makan, saya juga lebih suka makan roti dibanding nasi beserta lauk-pauknya. Entah kenapa, saya bosan dengan lauk yang dijual di rumah makan Padang. Selalu saja bergulai-gulai ria. Dan setiap saya mau membeli lauk, maka yang terpikirkan oleh saya adalah kolestrol! Langsunglah selera makan saya hilang dan berbelok arah membeli roti.

Selain itu, mungkin saya juga bukan tipe orang yang gampang gemuk. Sebanyak apapun saya makan, tubuh saya tidak pernah berubah. Sebab makanan yang saya makan selalu habis diolah menjadi energi untuk menunjang aktifitas saya, apalagi saya tipe orang yang tidak bisa diam. Nah, di tahun ini, saya akan mengusahakan segala cara untuk menaikkan berat badan saya ke berat yang ideal. Saya sudah capek dikira siswa dan bukannya guru. Saya sudah bosan dikira masih remaja bukannya pria dewasa. Saya kan juga ingin mencicipi kehidupan pria dewasa #apa sih? Apalagi sekarang ada guru baru yang badannya kaya binaraga (soalnya dia suka fitness), saya serasa liliput saja berada di dekatnya.

2. Buku

Selama saya hiatus, bukan berarti saya tidak melakukan kegiatan yang positif. Justru saya jadi seperti mempunyai waktu memanjakan diri dengan buku yang selama ini jarang saya lakukan. Yup, waktu saya lagi getol-getolnya ngeblog, saya jagi jarang baca buku. Awalnya saya menganggap hal tersebut biasa saja, toh saya masih sering membaca artikel yang ditulis di blog sahabat. Tapi kemudian saya berpikir, kok saya rasanya makin ketinggalan informasi. Nah, untungnya sejak saya kenal goodreads, ada widget yang menantang saya untuk membaca sekian buku dalam satu tahun. Widget tersebut memacu saya untuk semakin banyak membaca, walaupun hanya di waktu senggang lah saya bisa melakukan hal tersebut. Berhubung tahun lalu saya baru ikut challenge-nya di pertengahan tahun, maka untuk tahun ini target buku yang ingin saya baca adalah

2013 Reading Challenge

2013 Reading Challenge
Sulung has
read 0 books toward his goal of 80 books.
hide

 

Saya tidak ingin memasang target terlalu tinggi, soalnya saya juga sadar kalau saya bakalan disibukkan dengan pekerjaan (apalagi menjelang UN nanti). Kalau memang target tercapai sebelum tahun 2013 berakhir, saya tinggal menambah jumlah buku yang ingin saya baca bukan?

3. Bahasa

Sebagaimana yang pernah saya ceritakan di tulisan-tulisan saya yang lain, saya mengajar di sekolah bilingual. Nah, salah satu kelebihan tersebut adalah mempunyai akses dengan pemerintah Jerman soal penyediaan beasiswa bagi para siswa. Hal ini menyebabkan bahasa Jerman menjadi salah satu bahasa yang diajarkan di sekolah tempat saya mengajar. Ditambah lagi dengan koleksi buku-buku di perpustakaan yang rata-rata berbahasa Jerman, maka saya berniat untuk mempelajari bahasa Jerman walaupun secara otodidak. Siapa tahu, saya terpilih menjadi guru pemimbing yang dikirim ke Jerman untuk mendampingi siswa-siswa.

Selain bahasa Jerman, saya juga ingin mempelajari bahasa Prancis. Sudah lama saya naksir dengan bahasa Prancis. Bahasa Prancis dan bahasa Inggris aksen UK adalah bahasa-bahasa dengan aksen terindah yang pernah saya dengar. Kesengauan pemakai bahasa Prancis membuat saya ingin mempelajarinya, ditambah lagi dengan keinginan saya untuk mengunjungi negara dengan Menara Eiffel tersebut. Sama dengan bahasa Jerman, mungkin saya akan mempelajari bahasa Prancis ini secara otodidak. Yah, meskipun salah satu lembaga bahasa di Kota Padang ada yang menawarkan bahasa Prancis untuk dipelajari dengan native bahasa Prancis, berhubung keuangan saya masih berantakan, saya memilih untuk otodidak saja dulu.

Di tahun ini, saya juga ingin mempertajam lagi kemampuan bahasa Inggris yang saya miliki. Sebab bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa pengantar yang digunakan di sekolah tempat saya mengajar. Malu dong kalau bahasa Inggris siswanya lebih bagus daripada gurunya. Apalagi kabarnya ada siswa bule yang mau masuk, mau tidak mau saya mesti berkomunikasi dengannya dengan bahasa Inggris.

4. Hidup Teratur

Tahun lalu saya merasa hidup saya rada-rada berantakan. Tidur larut gara-gara insomnia, jarang olahraga, makan makanan ga sehat, membuat saya gampang stres. Nah, di tahun ini, saya ingin membiasakan untuk berolahraga minimal dua kali seminggu. Saya juga ingin mengurangi kesukaan saya akan bergadang. Awalnya saya kira insomnia saya tidak bisa disembuhkan, ternyata dengan merilekskan pikiran dan zikir sebelum tidur, saya jadi lebih gampang untuk tidur. Padalah saya sudah sering membaca efek buruk dari bergadang maupun kurang berolahraga pada tubuh, namun entah mengapa dulu-dulu saya masih saja malas memperbaiki hal-hal tersebut.

5. Menabung

Dunia kerja merupakan dunia yang baru bagi saya. Bahkan sewaktu saya kuliah pun, saya hanya fokus dengan kuliah dan organisasi. Yah, meskipun mengalami kendala finansial, toh tertutupi dengan beasiswa-beasiswa yang saya terima. Makanya dulu-dulu saya tidak pernah berpikir untuk kuliah sembari bekerja. Nah, setelah saya bekerja, saya jadi memahami bahwa uang itu sulit untuk didapatkan tapi mudah untuk dibelanjakan. Saat saya sudah merasakan enaknya duit hasil keringat sendiri, saya jadi lupa untuk menabung. Meskipun tidak sampai berhutang, tetapi saya sering kali kehabisan uang pas sebelum gajian. Berpikir ke depan, saya tidak ingin ketika saya mesti mengeluarkan uang untuk pengeluaran tak terduga, saya kelabakan. Karenanya, tahun ini saya ingin mengurangi hobi jajan dan karaokean saya.

6. Ibadah

Sewaktu saya tamat kuliah dan galau mencari pekerjaan, saya rajin sekali melakukan ibadah-ibadah sunat. Baik itu salat tahajud, dhuha, rawatib, maupun puasa-puasa sunat, serta tilawah setiap sehabis salat magrib dan subuh. Nah, setelah saya mendapat pekerjaan, saya seolah-olah terlena dengan kesibukan tersebut. perlahan-lahan, ibadah-ibadah sunat mulai jarang saya lakukan, bahkan sedihnya terkadang yang wajib saya sampai lalai. Di tahun ini, saya ingin memperbaiki diri serta ibadah-ibadah saya lagi. Hidup ini sementara bukan, jika saya tidak menjadikan dunia sebagai ladang akhirat, lalu apa yang bisa saya bawa ketika saya mesti bertemu dengan-Nya di akhirat kelak?

7. Menulis

Di akhir-akhir tahun 2012, saya mulai jarang menulis. Baik di blog, maupun sekedar curhat-curhat galau di atas kertas. Padahal penelitian membuktikan seseorang yang rajin menulis, psikologinya lebih stabil karena menulis melatih kemampuan berbahasa seseorang dan menulis menjadi tempat mencurahkan ide/pikiran/perasaan. Tahun ini, saya ingin lebih rutin menulis. Meskipun mungkin tidak sampai satu tulisan tiap hari seperti sahabat blogger yang bersemangat, yang penting saya membiasakan menulis.

8. Malas

Yup, kendala dari semua poin di atas pada tahun lalu sebenarnya adalah malas yang sering saya jadikan alasan. Dan karena malas pulalah, banyak target yang tidak tercapai, jadwal hidup saya yang tidak teratur, sampai kualitas pekerjaan yang tidak maksimal. Di tahun ini, saya ingin menguatkan tekad untuk mengikis rasa malas tersebut. Yah, meskipun belum ada cara manjurnya, namun mungkin dengan menempelkan target-target hidup saya di dinding adalah salah satu cara yang bisa saya tempuh. Saya tidak ingin hidup saya seperti mengikuti arus, sementara orang-orang lain telah membuat prestasi di kehidupan mereka.

Yah, mungkin itulah beberapa resolusi umum yang ingin saya capai di tahun ini. Ada beberapa resolusi-resolusi yang tidak saya tulis di sini dan biarlah target-target tersebut menjadi konsumsi pribadi saya. Apabila saya mencapai target tersebut, barulah saya akan menceritakannya kepada sahabat sekalian.

Oke, segini saja mungkin tulisan di awal tahun 2013. Sekadar latihan menulis bagi saya yang sudah jarang menulis di blog. Bagaimana dengan sahabat sekalian? Adakah target-target yang ingin sahabat capai di tahun ini? Mari kita bersama-sama saling mendukung dan menyemangati untuk mencapai target-target kita masing-masing. Salam persahabatan.

Images Sources: tumblr.com

28 pemikiran pada “Back In 2013

  1. tahukah kamu lung, diriku juga orang yang susah gemuk hingga akhirnya sekitar 1,5 tahun yang lalu diriku menembus rekor berat badan! dari 46kg ke 56kg, dan sekarang 54kg ajah😛 ya ya.. cewek dengan tinggi 168cm dan bb 54kg itu masih terlihat kurus. tapi lho bisa naik itu awesome kan?

    resepnya satu, relax your mind. i know that easier to say tapi itulah yg terjadi padaku. you must find the peace in you, then you’ll feel happy. GOOD LUCK!

  2. Banyak juga resolusi nya tuh…
    Udah dimulai dilaksanakan blm tuh ?
    Perhatian saya fokus ke makan, kalo Ga bisa ngatur pola Mkn ntar mlh tepar dan Ga bisa mewujudkan semuanya, jgn ke warung Padang dunk, Yg rumahan aja.

  3. Selamat tahun baru 2013 Mas Sulung, semoga semua resolusinya tercapai y?. Atau paling tidak ada progress berarti..🙂
    Kalo soal makanan Mah nyoba masak sendiri aja Mas. Pasti hasilnya lebih menggairahkan. Hehehe

  4. Ya ngapain ngabisin energi buat mikirin orang lain, mending kita yg jadi dipikirin mereka. Nasehat dari pelatih futsal saya nih.:mrgreen:

    Oh ya, semoga resolusinya terealisasi.😀

  5. ternyata kita ada kesamaan lung
    1. akhir2 ini juga lebih sering makan roti ketimbang makan nasi, jangan sampai deh resolusi 2013 nasi di ganti sama roti wedew😀
    2. Kalau udah akhir minggu gatel aja mau ngeluarin duit..nah salah satunya ya itu tadi hobi karaokean hehe
    #btw karaokean dimana lung?:mrgreen:
    3. Buku yang udah dibeli tahun kmren pun juga byk yg belum dibaca,,,padahal dulu rajin beli buku😦

    oh ya berarti buat nikah belum ada tahun ini ya lung? hehehe #kepo

    1. Iya Uni, ga tau kenapa lebih cocok aja rasanya makan roti. Jadi curiga jangan saya ini sebenarnya bule yg terperangkap di tubuh orang Asia😆
      Biasanya sih karaokean di Inulvista, Uni.🙂
      Nikah? Wahahaha belum ah. Masih banyak cita2 yg pengen dicapai. Belum kepikiran menjalin asmara #apasih

  6. Ping-balik: Kilas Balik 2012 dan Resolusi 2013 « The Petrichor

  7. awalan 2013 yang puannnnjaaang. moga goal semuah yah pak guru.
    klo soal beratbadan niru aderai aja. dikuatin susu plus telur.
    btw warungnya masa jualan padang mulu? dimana se?
    sala kenal yah. follow2an boleh kah?

      1. thanks yah, udah aku follow juga.
        lho tapi asli mana? masakan padang pilih sayurnya aja, kuah rendangnya kan dikit. duh tapi masa yah itu2 … or masak dewe ajo? *mana sempaaat? kebutu telat ntar terlambat?

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

