[Prompt #6] The Comfort Woman

Comfort Woman
Comfort Woman (Photo credit: Wikipedia)

Pintu ruang kerja Black dibuka paksa. Black tersentak di tempat duduknya. Di depan pintu, Noura berdiri sambil mengatur napas. Dari kejauhan seorang security berlari mendekati ruang kerja.

“Maaf, tuan. Saya sudah berusaha mencegahnya. Tapi ia memaksa. Saya akan membawanya keluar.” Security mencekal lengan Noura.

Noura menggeliat berusaha lepas dari securitySebelum pintu benar-benar tertutup, dia masih sempat berbalik dan berteriak, “Saya sudah mencari Anda bertahun-tahun, Tuan Black. Tiga hari lalu saya melihat facebook Anda dan menemukan kisah yang sama seperti yang selalu diceritakan Ibu saya.”

“Tunggu! Bawa ia kemari!” Black penasaran dengan wanita tersebut. “Tinggalkan kami berdua!” Pintu ditutup. “Apa maksudmu?”

“Tuan Black, Anda masih ingat dengan nama Mardiyem? Seorang Jugun Ianfu yang jasanya pernah dipakai oleh kakek Anda? Saya cucunya!”

Black terdiam. “Lalu apa maumu?”

“Saya cuma ingin meminta sedikit kompensasi jika memang Anda peduli pada korban Jugun Ianfu seperti dalam note yang Anda tulis di facebook.”

“Kau pikir aku akan percaya begitu saja?”

Noura mencampakkan selembar foto usang ke muka Black. “Ini buktinya! Tuan Black, Jugun Ianfu selamanya kan dilecehkan oleh masyarakat. Dan Anda tentu tidak ingin publik tahu kalau keluarga Anda terlibat praktek kotor tersebut, bukan!?”

Black menghela napas. “Baiklah. Tapi tolong jangan pernah mengungkit-ungkit masalah ini lagi.” Noura menerima selembar cek di tangannya.

“Terima kasih, Tuan Black. Oh ya, ibu saya titip pesan. Katanya, Anda beruntung. Nenek Anda adalah Jugun Ianfu kesayangan. Sampai-sampai kakek Anda bersedia mengawini serta menghapus jejak kelamnya. Namun sampai kapan pun, darah kotor tetap mengalir di tubuh keluarga Anda, Tuan Black.”

Noura tertawa licik meninggalkan Black yang tercenung di tempatnya.

Note: 258 kata

Comfort Woman = sebutan lain untuk Jugun Ianfu

Baru kali ini nulis FF sampai mesti riset di Google segala.😆 Oh ya, kalau ingin tahu lebih banyak soal Jugun Ianfu, bisa cek di link-link berikut:

http://japancolonialism.blogspot.com/2011/09/jugun-ianfu-comfort-women.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Jugun_ianfu

http://aleut.wordpress.com/2013/02/13/jugun-ianfu-seandainya-saya-dulu-jelek/

24 pemikiran pada “[Prompt #6] The Comfort Woman

  1. Aku pernah membaca istilah jugun ianfu sebelum ini. Cuma nggak ingat apakah itu di pelajaran sejarah atau di buku novel Memoirs of Geisha (atau dua-duanya ya? Hmmm…)😀 .

  2. etapi jugun lanfu kan buat tentara jepang yah? black itu nama nama inggris gitu. kalau dipas-paskan dengan sejarah ga terlalu klop.

    FFmu yang ini agak maksa😀

  3. he… kayak kemaren aku udah komen di sini deh -____-”

    baru kali ini bikin FF pake riset? Aku perasaan sering deh -__- … dan komenku kemaren, adalah juga mempertanyakan antara Black dan Jugun Ianfu :))

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s