[Movie] Brave

brace movie poster
imdb.com

Masih kena efek flashfiction tema fantasi, nih. Kalau dipikir-pikir, dunia fantasi itu indah dan ajaib banget ya? Makanya saya mau acungi jempol buat para penulis fantasi. Imajinasi mereka saat menulis kisah-kisah seperti Harry Potter, The Lord of the Ring, Narnia, dan lain-lainnya memang luar biasa. Bagaimana tidak, mereka mampu menyajikan dunia yang sama sekali di luar akal sehat manusia menjadi cerita yang indah dan enak buat dibaca. Nah, salah satu film fantasi yang juga patut mendapat pujian tersebut adalah Brave.

Brave (2012) mengisahkan putri seorang raja di Scotlandia. Merida (Kelly Macdonald) adalah putri pertama dari pasangan Raja ergus (Billy Connolly) dan Ratu Elinor (Emma Thompson). Merida sudah ditakdirkan untuk meneruskan tahta kerajaannya sebagaimana ibunya. Oleh karena itu, sedari kecil Merida sudah dibebani dengan segala tata cara, tata tertib, atau pun latihan-latihan untuk menjadi seorang ratu. Sayangnya, Merida ternyata lebih mewarisi sifat ayahnya yang liar, bebas, dan keras kepala. Merida tidak ingin menjadi seorang ratu. Ia hanya ingin menjadi orang biasa yang mampu memanah dengan baik. Merida membuktikan keinginannya tersebut dengan kemampuan memanahnya di atas rata-rata pria dewasa.

Namun, keputusan tidak dapat diubah. Ketika Merida dewasa, datanglah raja-raja dari tetangga membawa anak pertama mereka untuk bersaing dan dinikahkan dengan Merida. Merida menolak. Bahkan ia dengan beraninya melawan para putra mahkota diajang memanah. Tentu saja hal tersebut membuat malu Raja Fergus dan Ratu Elinor. Merida marah. Sedari dulu, ibunya tidak pernah mau mendengar kata-katanya. Ia berlari ke hutan menaiki kuda kesayangannya. Sesampainya di hutan, Merida bertemu dengan seorang penyihir yang berjanji mengabulkan apapun keinginan Merida dengan syarat membeli dagangannya. Merida menyanggupi asal keinginannya dikabulkan. Ia ingin ibunya berubah. Merida pun memberikan ibunya kue bermantera yang diberikan penyihir.

Betapa kagetnya Merida ketika ibunya justru berubah menjadi beruang! Dasar penyihir koplak bin pikun! Padahal bukan berubah wujud yang dimaksudkan dalam keinginan Merida melainkan berubah pikiran. Jadilah Merida dibuat panik dengan perubahan ibunya. Apalagi beruang adalah hewan yang paling dibenci ayahnya. Ayahnya kehilangan kaki gara-gara beruang dan berjanji akan membunuh beruang yang ia temui.

Merida dan ibunya yang telah menjadi beruang lari ke hutan untuk menemui penyihir. Sayang, si penyihir tua sudah pergi berlibur. Tinggallah pesan yang mengatakan, “Kau harus memperbaiki harga diri yang terkoyak untuk membatalkan sihir tersebut sebelum matahari terbit.” Lalu, berhasilkah Merida mengubah kembali ibunya menjadi manusia? Silakan sahabat tonton sendiri.

Brave membuat saya tertawa terbahak-bahak dengan kekonyolan-kekonyolan di dalam filmnya. Kuda yang bertingkah seperti anjing, penyihir yang sakti tapi bego, sahabat-sahabat raja yang bertengkar seperti anak kecil, sampai dengan sifat raja yang kekanak-kanakkan. Berbanding terbalik dengan sifat sang ratu yang tegas, teguh, dan gigih.

Tapi meskipun penuh humor, film ini juga begitu menyentuh. Saat-saat Merida tinggal di hutan bersama ibunya yang telah menjadi beruang adalah saat yang paling mengharukan. Di bagian tersebut, Merida dan ibunya mencoba memahami satu sama lainnya. Belum lagi perjuangan Ratu Elinor yang melawan beruang lain yang menyerang Merida. Tampak jelas kasih sayang seorang ibu di sana. Saya yang tinggal jauh dari ibu jadi menitikkan air mata dan tersentuh dengan adegan tersebut.

Film ini juga menyampaikan secara jelas bahwa kitalah yang bisa mengubah takdir kita. Tak ada yang tidak bisa diubah di dunia ini asal kita mau berjuang keras. Bahkan jika takdir tersebut sudah melingkupi keluarga kita secara turun temurun. Animasi film ini juga cukup bagus. Tak heran dengan kelebihan-kelebihan tersebut, Brave diganjar rating 7,2 dari IMDB dan memenangkan Oscar tahun 2013 untuk Best Animated Feature. Selain awards lainnya tentunya.

Oke, jadi apakah sahabat punya impian yang dianggap mustahil? Maka sudah saatnya sahabat mengubah pikiran tersebut. Sebab selama ada keberanian, tidak ada takdir yang tidak bisa diubah. Salam.

“There are those who say fate is something beyond our command. That destiny is not our own, but I know better. Our fate lives within us, you only have to be brave enough to see it.” Princess Merida-Brave

17 pemikiran pada “[Movie] Brave

  1. Aku suka bagian pas ibunya pertama kali jadi beruang dan menemukan ketiga anaknya lagi mainin kepala rusa, trus pas meridanya masuk, ibunya geleng2 gitu.. hahaha, penyihirnya juga lucu, tapi sayangnya dia nggak tampil banyak di film ini.

  2. Belum nonton film ini Lung, hehe. Tapi aku setuju, bahwa dunia fantasi itu memang mengagumkan ya🙂 . Terutama juga para penulis/pengarang yang bisa menghasilkan sebuah karya bertemakan dunia fantasi yang keren dan sukses😀 .

  3. niee

    Belum pernah nonton film ini neh.. kartun seh yak.. kalau fantasi kayak narnia dll seh aku suka.. eh percy jackson boleh loh dibaca (bukan ditonton, kalau filmnya kurang ok menurut aku😀 )

  4. Sebelum nonton saya kira ini film horor. Pelajaran yang bisa dipetik: Kita baru akan merasa betapa berharganya seseorang (Ibu) ketika ia sudah tidak ada di sisi kita.

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s