(Memutuskan) Ngeblog Kembali

chiquita-dm2-minion-dave-bananas

Hei, hallo… Lama sudah ga nulis di blog ini. Pengin mencoba membiasakan menulis lagi di sini, kok ya kaku gini. Bahaha. Ah, ya udah. Yang penting dicoba dulu.

Sekian lama ga nulis, banyak sekali hal yang ingin saya ceritakan di sini. Namun biar ga bingung, mungkin akan dibagi ke beberapa bagian kali ya? Untuk bagian yang pertama ini, saya ingin menceritakan apa yang telah saya lakukan setahun terakhir ini.

Dulu, tagline blog saya adalah (kalau ga salah) Curahan Hati Guru Muda. Yup, dulu saya memang seorang guru, namun sekarang tidak lagi.

Juni setahun yang lalu, saya memutuskan resign dari SMP tempat saya mengajar selama dua tahun. Banyak hal yang saya dapat di sana, dari pertemanan, murid-murid yang nakal tapi ngangenin, sampai ke pelajaran-pelajaran hidup.

Lalu, kenapa saya memutuskan mundur? Satu hal, meski saya mencintai ranah Minang, namun saya selalu bermimpi tinggal di kota besar. Berkenalan dengan banyak orang, belajar hal-hal baru, dan tentunya mewujudkan cita-cita semasa kecil saya: menjadi seorang reporter.

Terus, apa yang saya lakukan setelah resign? Dengan modal nekat, saya merantau ke Jakarta. Kenapa saya bilang modal nekat? Betapa tidak, hanya berbekal sedikit tabungan dan CV, saya berani pergi ke kota yang disebut-sebut sebagai kota yang keras.

Sebelum saya pergi ke Jakarta, teman-teman saya di sosial media sudah tahu lebih dahulu keputusan saya tersebut. Lantas, teman-teman yang selama ini hanya kenal di sosial media, akhirnya bisa langsung berkenalan dengan mereka.

Sewaktu mereka tahu, saya ke Jakarta dan baru melamar setelah di sana, mereka rata-rata kaget. Mereka mengira saya telah punya link atau paling tidak sudah ada panggilan kerja. Nyatanya tidak. Saya benar-benar berangkat dengan modal nekat (kalau sekarang dipikir-pikir, saya ketawa sendiri dengan pemikiran gila tersebut). Dulu sama sekali ga mikir kalau mesti ada panggilan kerja sebelum merantau.😀

Sampai di Jakarta, saya pergi ke Depok. Di Depok, saya menumpang di tempat sepupu untuk sementara. Selama di sana, saya mengirim surat lamaran ke berbagai tempat, tapi rata-rata ke media.

Beberapa panggilan wawancara saya dapatkan. Yang pertama: Okezone. Saat datang ke kantor Okezone di dekat MNC Tower, wuih rasanya deg-degan banget. Saya seperti wong ndeso yang baru pertama kali ke Jakarta.

Tahapan pertama yang mesti saya lalui yakni psikotes. Ada beberapa tes yang saya ikuti bersama puluhan orang (ada kali 20-an). Setelah menyelesaikan tes tersebut, saya cuma berpikir yang penting sudah merasakan bagaimana rasanya psikotes.

Untungnya, saya lulus ke tahapan berikutnya. Berikutnya, saya diwawancara dengan salah satu editor. Beberapa pertanyaan saya jawab apa adanya. Termasuk pengalaman mengajar, menulis, dan alasan merantau. Waktu itu yang ikut tahapan wawancara sekitar enam orang.

Setelah tahap wawancara, ternyata saya masih beruntung bisa ikut tahapan berikutnya. Kali ini, saya diwawancarai oleh wapemred. Beberapa pertanyaan saya jawab, namun yang paling menantang adalah tantangan yang ia berikan.

Waktu itu, saya mengaku siap belajar dari bawah (karena belum ada background reporter meski ada mata kuliah jurnalistik waktu kuliah), asal jangan kanal olahraga dan otomotif. Jujur, dua bidang tersebut saya blank sama sekali.

Justru hal tersebut yang menjadi tantangan. Ia memberikan waktu sehari bagi saya untuk memahami beberapa istilah terkait otomotif, seperti dapur pacu, silinder, dan lain-lain.

Semalaman, saya googling istilah-istilah tersebut dan berusaha memahaminya. Pada saat diwawancarai kembali, saya rasa saya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik. Akan tetapi, dua minggu setelahnya tidak kunjung dipanggil balik. Dan, yah namanya belum rezeki, saya masih berstatus pengangguran.

18 pemikiran pada “(Memutuskan) Ngeblog Kembali

  1. Selamat bertemu lagi sobat Sulung. Karena saya langganan blog ini jadi tahu bahwa ternyata sudah lama tak menulis di sini ya. Selamat berjuang sobat..Insya Allah tercapai cita-citanya jadi jurnalis🙂

  2. Suluuungggg. Mana ceritanya laagiiii.

    Banyakin cerita cerita disamping tulisan non fiksinya yaaa. Aku kan pengen tahu kehidupan reporter jugaaaa. 😆

  3. Ping-balik: Setahun di Dunia Media, Ngapain Aja? | Catatannya Sulung

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

