Serunya Pokemon Go: Cara Bermain, Tips, dan Trik Menangkap Pokemon

Dirilis kurang dari seminggu, Pokemon Go telah membuat semua orang di dunia tergila-gila dengan permainan ini. Gim berbasis augmented reality ciptaan Niantic Lab, Nintendo, dan Pokemon Corp yang satu ini praktis menyedot perhatian banyak pihak. Selain euforia Pokemon, yang membuat gim ini begitu seru adalah permainan ini berbasis dunia nyata.

Pokemon Go membuat pemain dapat menangkap Pokemon yang diinginkan, dengan latar belakang dunia nyata. Tentunya hal tersebut dapat terjadi karena gim ini juga menggunakan kamera ponsel yang kamu miliki.

Jujur, buat saya sendiri, gim yang satu ini membuat banyak perubahan. Karena Pokemon Go berbasis dunia nyata dan GPS, pemain diharuskan untuk berkeliling mencari Pokemon. Jadinya saya yang biasanya tidur lagi setelah salat subuh, lebih memilih untuk berkeliling kompleks mencari Pokemon. Tak hanya itu, saya pun jadi tahu daerah-daerah yang tak pernah saya lewati sebelumnya karena saya berkeliling mencari Pokemon.

Nah, banyak teman yang bertanya apa sih Pokemon Go, bagaimana cara bermainnya, bagaimana cara menangkapnya, maka di tulisan ini saya mencoba menjawab semua pertanyaan tersebut. Ada beberapa tips dan trik juga yang bisa dicoba saat bermain Pokemon Go.

Kalau masih ada yang bingung dan kurang mengerti, jangan ragu untuk tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya.

Lanjutkan membaca “Serunya Pokemon Go: Cara Bermain, Tips, dan Trik Menangkap Pokemon”

#TheScriptProject2 Part 1 – Proyek (dan Kuis!) Cerita Bersambung Instagram

buruan gih. ikut kuis ini!!

hati dalam tinta

altAkMwtGwP2EbvmG3rTrC1qIIbZPWG80hilvuOm0H1grRF

Halo, gaes!

Masih ingat nggak, sih, dulu berjuta-juta tahun lalu aku pernah bikin proyek menulis keroyokan bertajuk #TheScriptProject? Proyek tersebut adalah proyek menulis cerpen dan FF yang terinspirasi lagu-lagu grup band dari Irlandia, The Script. Saat ini proyek tersebut sudah menjadi buku yang diterbitkan secara self-publish lewat Nulisbuku ini.

Nah, di pengujung tahun ini, dan sehubungan dengan baru rilisnya album The Script yang ke-4, No Sound Without Silence (yang kece badai ulala membahana kyaaa itu), aku kepengin bikin proyek serupa. Kenapa, sih? Simpel, karena lagu-lagu The Script selalu bikin aku (dan kalian, maybe?) pengin nulis, dan album ke-3 (bertajuk #3) dan ke-4 mereka belum dieksplorasi sebanyak waktu bikin proyek pertama dulu. And they should be! x))

Nah, #TheScriptProject2 dengan tagline #singyourstory ini terbagi dalam 2 tahap:

1. Proyek cerita bersambung di Instagram (Desember 2014 – pertengahan Februari 2015)
2. Proyek menulis cerpen dengan sistem seleksi untuk dibukukan

Lihat pos aslinya 415 kata lagi

#LelangBFG : Lelang Buku untuk Amal

Mari beramal dengan cara membeli buku hasil lelang sambi berdonasi 🙂

bookaholicfund

#LelangBFG adalah proyek amal pertama dari Bookaholic Fund.

#LelangBFG merupakan kegiatan pelelangan buku, baik buku koleksi pribadi maupun buku baru, yang diadakan melalui akun Twitter @bookaholicfund. #LelangBFG diadakan secara periodik sesuai dengan program kerja dan event di Bookaholic Fund. Setiap harinya lelang terdiri dari 2 sesi, pukul 20.00-21.00 WIB dan pk. 21.15-22.15 WIB.

Berikut ini aturan main untuk #LelangBFG :

1. Admin Twitter hari itu akan memberikan hint buku apa saja yang dilelang hari itu.

2. Satu jam sebelum lelang dimulai, admin lelang yang bertugas akan memberikan info lebih lengkap tentang buku yang akan dilelang pada hari dan sesi itu. Isi informasi : judul buku dan pengarang, tahun penerbitan, nama penerbit, sinopsis, harga asli, kondisi fisik buku, pictwit buku.

3. Setiap buku akan mendapat waktu SATU JAM untuk ditawar. Admin lelang akan memberi aba-aba MULAI untuk memulai sesi penawaran dan STOP untuk mengakhiri. Penawaran yang sah adalah yang diajukan di…

Lihat pos aslinya 426 kata lagi

Man of Steel

baru nonton ini (iya, gua telat). and i always love the way he/she talk about a movie. jadi referensi utama gua dalam review film, tapi udah lama ga up date film baru 😦

Movietard and Her Moviegasm

MV5BMTk5ODk1NDkxMF5BMl5BanBnXkFtZTcwNTA5OTY0OQThe Plot
Ini cerita Clark Kent (Henry Cavill) a.k.a Kal-El, alien dari Krypton yang harus menyelamatkan manusia atau membiarkan Jenderal Zod (Michael Shannon) meneruskan kehidupan mahluk Krypton di bumi.

The Comment
Man of Steel (2013) adalah salah satu blockbuster yang paling ditunggu di musim panas in. Ya, setelah tahun kemarin kita diinvasi oleh lebih banyak superheroes seperti Spiderman, geng The Avengers hingga tentunya Batman dalam The Dark Knight Rises, tahun ini, yang menyapa kita ‘hanyalah’ Iron-man dalam installment ketiga dan tentunya si manusia super ini, ooops he’s not be called superman anymore, he’s now man of steel. Ya, Man of Steel adalah ini kisah seorang anak alien yang ‘terdampar’ di bumi yang memiliki kekuatan jauh lebih hebat dari kekuatan normal manusia. Movietard jelas bukanlah fanboys yang membaca komik dan mengikuti petualangan Superman dalam medium film di periode 1970-an yang dimainkan Christopher Reeves yang legendaris itu. Referensi movietard akan…

Lihat pos aslinya 1.776 kata lagi

Lagu Pemecah Malam

Perahu Kayu

Awalnya sebuah mention dengan tautan soundcloud masuk ke linimasa saya. Mention itu aku cuekin–mungkin lebih dari sejam—karena saya sedang diburu tenggat. Saat rehat sejenak, saya penasaran dengan kata-kata “poem by Oddie”. Loh, puisi saya? Tadinya saya kurang memerhatikan karena nama kedua akun yang ada di mention itu–@carlpass dan @risangdaru—belum pernah saling sapa di linimasa.

Dan saya pun membuka tautan itu… AMPUUUUUUUUUUUN! Lagunya manis berdarah madu! Saya langsung lupa dengan segala tenggat. Saya membayangkan malam dan tenggat adalah sepasang mangkuk bakso yang tiba-tiba krompyang di ubun-ubun. Pecah!

Lagu ini jahat sekali! Saya sampai mati angin. Nggak tahu mau lanjut nulis apa. Saya langsung norak pangkat lebay di twitter. Oh kawan, jangan stalking linimasa saya ya. JANGAN! Yaelahbro banget deh. Saya sempat mention ke @carlpass dan @risangdaru: “Lain kali kalau mau bikin lagu dari puisi saya, kodein dulu. Biar saya siap mental untuk norak.”

Saking noraknya, saya nggak memerhatikan…

Lihat pos aslinya 561 kata lagi

Obsesi Darian

Darian atau kau bisa memanggilnya Diana, terpekur menatap gambar pola yang ia buat.
Tangannya menopang dagu. Sejenak dilayangkan pandangan ke sudut ruang. Menilik ukuran yang akan ia buat. Senyum, Darian beranjak menggunting pola kala ukuran yang ia inginkan telah yakin benar.

Beberapa selang, Darian lanjut menjahit pola yang ia buat. Sesekali, dilengahkannya pandangan kembali ke sudut. Senyum dikulumnya selalu. Membayangkan kreasi yang ia ciptakan.

“Selesai!” sorak Darian.

Gegas ia lari ke sudut, memasang gaun yang ia buat ke sesosok tubuh.

“Ayah, dulu kau selalu melarangku jadi perancang busana. Sekarang, bagaimana gaun buatanku? Pas, kan?”

Darian mengelus tubuh kaku ayahnya berbalut gaun.

100 Kata. Tema: Obsesi

Diikutsertakan dalam #FF100Kata

10 Besar Khatulistiwa Literary Award 2013

Ah, udah keluar daftarnya. Kapan ya tulisan saya bisa masuk salah satu daftarnya? 😛

Khatulistiwa Literary Award

Berikut kami siarkan susunan acak buku-buku sastra, kategori prosa dan puisi, yang terseleksi masuk dalam 10 besar Khatulistiwa Literary Award (KLA) 2013;

Kategori Prosa

1. Murjangkung (Cinta yang Dungu dan Hantu-hantu), kumpulan cerpen karya AS.Laksana. (Gagas Media, Januari 2013)

2. Surat Panjang tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya, novel karya Dewi Kharisma Michellia. (Gramedia Pustaka Utama, Juni 2013)

3. Pulang, novel karya Leila S Chudori. (Kepustakaan Populer Gramedia, Desember 2012)

4. Kaki yang Terhormat, kumpulan cerpen karya Gus tf Sakai. (Gramedia Pustaka Utama, Juli 2012)

5. Ayahmu Bulan Engkau Matahari, kumpulan cerpen Lily Yulianti Farid. (Gramedia Pustaka Utama, Juli 2012)

6. Amba, novel karya Laksmi Pamuntjak. (Gramedia Pustaka Utama, September 2012)

7. Kinoli, kumpulan cerpen karya Yetti A. Ka. (Javakarsa Media, Juli 2012)

8. Yang Menunggu dengan Payung, kumpulan cerpen karya Zelfeni Wimra. (Gramedia Pustaka Utama, Maret 2013)

9. Pasung Jiwa, novel karya Okky Madasari. (Gramedia Pustaka Utama, Mei…

Lihat pos aslinya 146 kata lagi

Ceria Ramadhan Bersama Gamazoe

ayo-ayoo, ikutan kontes yang satu ini ya 🙂

Perjalanan Panjang

Akhir bulan Juni lalu, alhamdulillah saya mendapatkan banyak rezeki yang tidak terduga. Gaji naik, rapelan ‘bonus kerja’, juga saya mendapatkan job review dan alhamdulillah langsung dibayar tepat waktu. Ceria banget pokoknya akhir bulan lalu, berasa kalo berkah Ramadhan itu udah kerasa sebelum Ramadhan datang. Karena itu, saya selalu Dhenok Habibie yang sudah mengaku sebagai blogger sejak tahun 2010, ingin sekali berbagi ceria dengan sahabat gamazoe semua.

Akhir Juni juga, sahabat gamazoe yang tengah berdomisili di Dompu sempat bertanya kepada saya, “Kontes menurut kamu apa, Dhe??”. Dan saya dengan santainya menjawab, “Konteslah yang membuat gamazoe lebih hidup”. Intinya sih pengen ngadain kontes aja, karena saya yang dulu pernah menyandang gelar banci kontes, sama sekali belum pernah ngadain kontes di gamazoe. Hanya kontes sederhana kok, saya hanya ingin sahabat berbagi cerita bersama gamazoe. Dan tema cerita yang harus sahabat ceritakan di blog sahabat adalah …….. #tanpabasabasi

Andai Ramadhan ini adalah…

Lihat pos aslinya 478 kata lagi

Obituari Oma

Mau mengiklankan lagi, tapi males nulis sendiri. Reblog punya mbak Lena aja, deh. hihi *dijambak2 mbak Lena*
Btw, link saya ama si Ilham salah tuh, mbak. Broken link 🙂

Nada Hati

Sssttttt…

Ada sebuah rahasia yang ingin saya beberkan di sini. Saya akan menceritakan hidup seorang artis kawakan dengan berbagai kisah yang berbeda. Rahasia ini betul-betul luar biasa. Baik penggemar maupun yang tidak suka dengan si artis, semua bercerita di sini.

Adalah Marina Wijaya, aktris kawakan yang malang melintang di dunia perfilman. Beliau telah meninggal dunia. Beberapa narasumber berkisah tentang beliau. Dan anehnya semua kisahnya berbeda. Lalu, ada apakah di balik kematian Marina Wijaya?

Lihat pos aslinya 152 kata lagi

Obituari Oma

Males nulis sendiri, reblog punyanya si Dhe aja ah #dikeplakrame2 😀

Perjalanan Panjang

Marina Wijaya, seorang artis senior yang telah malang-melintang selama setengah abad di dunia perfilman Indonesia. Kematiannya yang tiba-tiba meninggalkan kesedihan yang mendalam di hati keluarga dan penggemarnya. Tapi tak semua orang merasa kehilangan. Tak semua orang mencintai si cantik Marina.

10 orang blogger, dalam 17 flashfiction, mengisahkan sosok Marina Wijaya dari berbagai sudut pandang, berusaha mengungkap sisi lain sang bintang.

=======================================

Perkenalkan, antologi ke-12 saya (kalo nggak salah) yang baru terbit di Leutika Prio beberapa hari yang lalu. Digawangi oleh Amel si Nona BauBau, akhirnya proyek yang sudah berjalan cukup lama ini bisa publish juga untuk dinikmati oleh sahabat semua. Alhamdulillah.

Ada saya sang Dhenok Habibie, mbak Chocovanilla, mbak Orin ‘Yin’ Indriani, Kakaakin, ‘Ne Margani, Sulung Lahitani, mas Ari Tunsa, Lea, Ilham dan tentu saja sang penggagas, Amela. Saya yakin, sahabat #Gamazoe pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama kontributor antologi…

Lihat pos aslinya 53 kata lagi

#1a: PTN saya well-known lah di SumBar. #1b: alhmdllh, cumlaude. #1c: sempat aktif di 2 orgnssi kmpus. #1d: lumayan sering jd ketua lah. #1d: bhkan sblm wisuda udh serong nongkrong di kantor pos yg majang lowongan kerja. #2 dst: oooh, baru tau. Ilmu baru nih. Mari disimak 😉

Viracanya's e-diary

Hi guys… back with me Vira, yang sudah resmi tinggal di Balikpapan untuk beberapa waktu ke depan. Sesuai dengan janji di post sebelumnya, saya bakalan berbagi cerita dan tips and trick seputar pencarian kerja, dari mulai CV, interview, group discussion, dll…

So, kita mulai saja!

#1 Preparation before Graduate from College

Untuk mempersiapkan CV yang baik sebagai langkah awal dipanggil untuk ikut recruitment test di perusahaan impian kita perlu banget untuk…

a. Kuliah di Reputable University
Ini curhatan dari temen saya yang kuliah di univ swasta ya.. dia bilang dia cukup struggling untuk bersaing dengan temen2 dari PTN dalam mencari kerja, karena suka-ngga suka masih ada recruiter yang pilih-pilih calon karyawannya based on university.

Nah kalo saran saya, sebaiknya dari SMA punya goal untuk masuk PTN yang well-known sehingga kesempatan bekerja jadi terbuka luas.. apalagi kalo misalnya di company impian ada senior yang satu almamater, dan kalo misalnya senior kita…

Lihat pos aslinya 1.114 kata lagi

Gila!! Gua suka banget tulisan ini!. Buat para freethinker, jgn asal menerjemahkan kitab suci seenak udelmu. Dan buat para laskar penolak JIL, kalian jg sharusnya jgn langsung menganggap rendah org2 yg mnyukai hal2 berbau barat. MASA GUA SUKA GAGA DIBILANG LIBERAL!!!??