Serunya Pokemon Go: Cara Bermain, Tips, dan Trik Menangkap Pokemon

Dirilis kurang dari seminggu, Pokemon Go telah membuat semua orang di dunia tergila-gila dengan permainan ini. Gim berbasis augmented reality ciptaan Niantic Lab, Nintendo, dan Pokemon Corp yang satu ini praktis menyedot perhatian banyak pihak. Selain euforia Pokemon, yang membuat gim ini begitu seru adalah permainan ini berbasis dunia nyata.

Pokemon Go membuat pemain dapat menangkap Pokemon yang diinginkan, dengan latar belakang dunia nyata. Tentunya hal tersebut dapat terjadi karena gim ini juga menggunakan kamera ponsel yang kamu miliki.

Jujur, buat saya sendiri, gim yang satu ini membuat banyak perubahan. Karena Pokemon Go berbasis dunia nyata dan GPS, pemain diharuskan untuk berkeliling mencari Pokemon. Jadinya saya yang biasanya tidur lagi setelah salat subuh, lebih memilih untuk berkeliling kompleks mencari Pokemon. Tak hanya itu, saya pun jadi tahu daerah-daerah yang tak pernah saya lewati sebelumnya karena saya berkeliling mencari Pokemon.

Nah, banyak teman yang bertanya apa sih Pokemon Go, bagaimana cara bermainnya, bagaimana cara menangkapnya, maka di tulisan ini saya mencoba menjawab semua pertanyaan tersebut. Ada beberapa tips dan trik juga yang bisa dicoba saat bermain Pokemon Go.

Kalau masih ada yang bingung dan kurang mengerti, jangan ragu untuk tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya.

Spesifikasi Ponsel

Tentunya, tidak semua ponsel bisa memainkan gim yang satu ini. Ada spesifikasi tertentu ponsel yang kamu miliki jika ingin memainkan Pokemon Go.

Android

pokemon go

iOS

pokemon go

Link Download dan cara meng-install

Pokemon Go belum resmi dirilis di Indonesia. Tapi bila kamu ingin memainkannya, berikut link download serta cara meng-install Pokemon Go

  1. Android

Unduh aplikasi di link mirror berikut ini, kemudian install di ponsel setelah mengizinkan install aplikasi dari pihak ketiga.

  1. iOS

Untuk pengguna Apple, kamu diharuskan untuk log out Apple ID Indonesia yang kamu miliki. Kemudian buat Apple ID dengan location US, nanti kamu diharuskan memasukkan alamat. Googling untuk kode pos ID di US. Selanjutnya, download aplikasi dari Appstore.

Memulai Permainan

Setelah mengunduh aplikasi, ada dua pilihan sign up dan log in. Kamu bisa memilih menggunakan akun Google atau akun Pokemon Trainers Club. Kalau kamu belum pernah memainkan Pokemon Trainers Club sebelumnya, lebih baik kalau kamu menggunakan akun Google tentunya.

Pokemon Go

Setelah sign up, kamu akan dianjurkan untuk membuat nama pemain. Pilihlah nama pemain yang kamu suka. Kamu juga bisa menyesuaikan tampilan avatar yang kamu mau dengan memilih topi, rambut, dan lainnya di pilihan avatar.

Selanjutnya, kamu akan diberikan pilihan untuk memilih satu dari tiga Pokemon favorit: Charmander, Bulbasaur, dan Squirtle. Klik Pokemon yang ingin kamu tangkap, selanjutnya kamu akan berada di satu mini game. Di sini, kamu akan belajar cara menangkap Pokemon dengan pokeball.

Psst. Ada yang bilang kalau kamu ingin mendapatkan Pikachu saat pertama kali log in, kamu cukup menunggu sampai tiga Pokemon yang ditawarkan menghilang. Lalu Pikachu akan muncul dan kamu bisa menangkapnya.

Menangkap Pokemon

Pokemon Go merupakan permainan berbasis peta di dunia nyata dengan memanfaatkan GPS. Jika kamu ingin menangkap Pokemon, kamu cukup berjalan ke arah yang kamu suka. Saat Pokemon muncul, klik Pokemon tersebut. Lalu kamu akan berhadapan dengan Pokemon tersebut di dunia nyata seperti di bawah ini.

screen322x572

Untuk menangkap Pokemon, tahan Pokeball yang kamu miliki sampai terdapat lingkaran berwarna hijau, lalu lempar atau geser ke atas menuju Pokemon. Semakin kecil diameter lingkaran hijau, semakin besar kesempatan menangkap Pokemon tersebut.

Tiap Pokemon yang kamu tangkap akan menambah poin yang kamu punya. Semakin tinggi dan langka Pokemon yang kamu tangkap, poinnya juga semakin tinggi dan tentunya levelmu pun semakin cepat naiknya.

Kalau kamu ingin Pokemon datang mengerubungimu, kamu bisa gunakan Incense. Incense fungsinya seperti dupa atau wangi-wangian yang akan mengundang Pokemon datang mendekatimu. Incense berfungsi dalam waktu tertentu, sekitar 20 menitan

Oh ya, adakalanya AR (augmented reality) tidak berfungsi. Tidak usah cemas, kamu masih bisa menangkap Pokemon mesti AR tersebut tidak aktif. Tapi tentu latar belakang yang kamu tangkap tidak seperti di dunia nyata.

PokeStop

Saat kamu melihat lambang persegi berwarna biru di peta Pokemon Go milikmu, lambang tersebut menandakan PokeStop. Tanda tersebut akan berubah bentuk menjadi lingkaran saat kamu berada di dekat PokeStop. Putarlah PokeStop tersebut seperti memutar mainan kincir. Nanti, item-item keluar dari PokeStop tersebut. Item-item seperti Pokeball, potion, revive, dan lainnya akan sangat membantu pencarian Pokemon yang kamu inginkan.

Pokemon Go
Pokemon Go

CP (Combat Points) dan statistik Pokemon

Setelah kamu menangkap Pokemon, kamu dapat melihat statistik Pokemon tersebut. CP alias combat point merupakan penilaian tingkat daya temput Pokemon tersebut. Semakin tinggi CP, semakin kuat daya tempur Pokemon tersebut.

Pokemon Go

Telur

Adakalanya, kamu mendapatkan telur dari PokeStop. Eram telur tersebut dengan inkubator yang kamu miliki. Nantinya, telur akan menetas setelah kamu berjalan sejauh jarak tertentu. Di dalamnya, terdapat Pokemon yang dapat kamu miliki.

Pokemon Go
Pokemon Go

Gym

Gym merupakan tempat pemain menandakan wilayah tim mereka. Kamu hanya bisa mengakses gym jika sudah mencapai level 5. Setelah mencapai level 5, kamu dapat memilih satu dari tiga tim pilihan, yaitu Mystic untuk biru, Valor untuk merah, dan Instinct untuk kuning. Setiap tim memiliki lambang Pokemon legenda masing-masing.

Pokemon Go

Kamu bisa merebut gym lawan dengan bertarung di gym yang memiliki warna berbeda dengan warna timmu. Kamu juga bisa meningkatkan CP Pokemon yang kamu miliki dengan melatihnya di gym yang memiliki warna sama denganmu.

Pokemon Go
Pokemon Go

Pokemon Legenda

Memiliki Pokemon langka pasti masih dirasa kurang. Karena itu, Pokemon Go juga menyiapkan Pokemon legenda pada momen-momen tertentu. Yang harus diingat, karena Pokemon yang dirilis hanyalah Pokemon dari generasi pertama, maka Pokemon legenda yang bisa kamu dapatkan hanyalah lima jenis Pokemon: Zapdos, Moltres, Articuno, Mew, dan Mewtwo.

Pokemon Go
Pokemon Go

Untuk mencegah rebutan Pokemon legenda, Niantic hanya memperbolehkan kita memilih satu dari tiga burung legenda untuk masing-masing tim: merah untuk Moltres, biru untuk Articuno, dan kuning untuk Zapdos. Sementara Mew dan Mewtwo akan diberikan pada momen tertentu.

Psst. Ada bocoran yang mengatakan kalau tanggal 28 November 2016, Niantic akan melepas Pokemon legenda.

Tips dan Trik Bermain Pokemon Go

  1. Cara melawan pemain lain dan menjadi gym leader

Gym berfungsi untuk menandakan wilayah yang telah dikuasai oleh tim yang kamu pilih. Kamu baru bisa bertarung di gym setelah mencapai level 5. Nama yang tertera di gym tersebut menandakan leader alias pemain terakhir yang harus kamu hadapi di gym tersebut. Jumlah pemain yang kamu hadapi tergantung dengan level gym yang kamu datangi. Level 3 menandakan gym tersebut dikuasai oleh tiga orang pemain dari tim yang sama.

Untuk menghadapi Pokemon lawan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Serang Pokemon lawan dengan mengklik Pokemon lawan. Kamu juga bisa menghindar dari serangan lawan dengan cara menggeser Pokemon milikmu ke kanan dan ke kiri. Yang harus diingat, pertarungan yang kamu hadapi bukanlah pertarungan yang real.

  1. Arti perbedaan warna di peta Pokemon Go

Jika kamu memperhatikan dengan cermat, peta di Pokemon Go memiliki warna yang berbeda-beda. Perbedaan warna tersebut menunjukkan bidang bangunan, sungai, dan jalan yang sebenarnya di dunia nyata, sebab peta di Pokemon Go berbasis dunia nyata.

Psst, kalau kamu melihat daerah yang terdapat daun-daun berterbangangan, cobalah ke sana. Daun-daun berterbangan tersebut menandakan banyak Pokemon yang berkumpul di sana.

  1. Mengubah nama Pokemon

Kalau kamu merasa tidak terlalu familiar dengan nama Pokemon yang kamu temukan, kamu bisa mengubah nama Pokemon tersebut. Caranya, klik Pokemon yang ingin kamu ubah namanya. Kemudian, klik tanda pensil di sebelah nama tersebut.

  1. Cara menambah HP Pokemon

Setelah bertarung di gym, tentunya tingkat hp Pokemon akan berkurang. Untuk menambah kembali hp Pokemon tersebut, kamu bisa menggunakan item yang kamu dapatkan dari PokeStop. Ada dua item yang bisa kamu gunakan. Potion dapat kamu gunakan untuk menambah hp Pokemon sebesar 20 poin. Sedangkan Revive dapat menambah hp Pokemon sampai separuhnya.

  1. Hemat baterai dengan ‘Battery Saver’

Karena terus-terusan menggunakan GPS, sudah pasti Pokemon Go menyedot banyak baterai ponsel. Nah, untuk sedikit menghemat penggunaan baterai dibanding biasanya, kamu bisa menggunakan mode battery saver. Caranya, klik ‘settings’ kemudian pilih ‘battery saver.’

pokemon 9

Mode ‘battery saver’ akan membuat aplikasi masih berjalan meski layarnya mati. Dengan syarat, terhubung dengan earphone. Sehingga ponselmu akan mengeluarkan suara dan bergetar ketika ada Pokemon yang berada di sekitarmu.

  1. Pokemon tak akan terdeteksi bila aplikasi tidak aktif atau layar ponsel mati

Pokemon Go sudah jelas boros baterai. Tapi jika kamu benar-benar ingin menangkap semua Pokemon di sekitarmu, jangan tutup aplikas. Sebab, aplikasi ini harus selalu mendeteksi di mana kamu berada. Jadi, satu-satunya cara agar tidak kehilangan kesempatan menangkap Pokemon di sekitarmu adalah membiarkan aplikasi menyala.

  1. Cara melempar pokeball

Adakalanya, kamu mengalami kesulitan saat melempar pokeball untuk menangkap Pokemon yang kamu inginkan. Cara termudah untuk menangkap Pokemon menggunakan pokeball adalah tahan pokeball dan buat gerakan memutar sampai berkilau. Arahkan lemparanmu ke bagian tengah lingkaran tersebut. Untuk lebih jelasnya, bisa disimak di video berikut ini.

  1. Arti lingkaran di sekitar Pokemon

Saat Pokemon berada di dekatmu, kamu pasti melihat lingkaran di sekitar Pokemon tersebut. Nah, ada tiga warna yang memiliki arti berbeda. Lingkaran hijau menandakan Pokemon tersebut tak terlalu sulit untuk ditangkap. Sebaliknya, warna kuning dan merah berarti Pokemon tersebut agak liar dan harus kamu tenangkan terlebih dahulu.

pokemon 12

Ketimbang memaksakan diri menangkap Pokemon tersebut tapi mereka selalu dapat keluar kembali, ada baiknya menggunakan item yang kamu dapatkan dari PokeStop. Gunakan buah berri yang dapat mengubah lingkaran tersebut menjadi warna hijau. Selanjutnya, tinggal tangkap Pokemon yang kamu kejar.

  1. Ambil hadiah Pokemon yang diberikan

Tahukah kamu, sesekali Pokemon Go yang kamu miliki akan memberikan hadiah jika kamu menjadi leader di satu gym. Hadiah diberikan setidaknya tiap 20 jam. Caranya, klik ‘shop’ dan lihat bagian kanan atas. Jumlah di shield menunjukkan hadiah yang tersedia.

pokemon 13

  1. Transfer Pokemon yang sama untuk menukarnya dengan permen

Seringkali, Pokemon yang sama kamu dapatkan saat berkeliling. Jangan terlalu pemilih. Tangkap saja Pokemon yang sama tersebut. Karena nantinya, Pokemon tersebut bisa ditransfer ke Profesor untuk ditukar dengan permen yang bermanfaat agar Pokemon yang kamu miliki bisa berevolusi.

pokemon 14

Caranya, klik Pokemon yang ingin kamu transfer. Gulir keterangan ke bawah dan klik ‘transfer.’ Tips dari saya, kirimlah Pokemon dengan CP terendah yang kamu punya. Nantinya permen yang telah ditukar dengan Pokemon akan bertambah di Pokemon yang tertinggal.

  1. Jejak kaki di dekat Pokemon

Perhatikan bagian kiri bawah Pokemon Go, di sana terdapat petunjuk Pokemon apa yang berada di dekat kamu. Nah, di bawah Pokemon tersebut terdapat jejak kaki bukan? Jejak kaki tersebut mendikte radius dari titik kamu berdiri. Dengan kata lain, tiga jejak kaki berarti 300 meter, dua jejak kaki berarti 200 meter, dan semakin sedikit jejak kaki, semakin dekat kamu dengan Pokemon yang kamu tuju.

pokemon 15

Tidak peduli arah mana yang kamu tuju, karena gim ini berbasis GPS, kamu hanya berurusan dengan radius dari titik awal. Dengan kata lain, kamu cuma harus berkeliling untuk mendapatkan Pokemon yang kamu incar.

Note:

Adakalanya, server yang terlalu sibuk membuat Pokemon Go milikmu log out sendiri. Jangan khawatir, kamu masih tetap bisa membukanya lagi nanti.

Update:

  • Cara menggunakan Revive: revive baru bisa digunakan saat Pokemon milikmu hp-nya berkurang setelah bertarung. Cara menggunakannya, klik ikon tas, klik revive, nanti ada pilihan Pokemon yang bisa kamu pilih untuk menggunakan revive.
  • Kenapa gym tim lain yang sudah dilawan tidak bisa diambil? Tiap gym memiliki level. Kalau ingin merebut gym tim lawan ada beberapa cara. Pertama, lawan semua pemain di gym tersebut. Level tiga berarti tiga pemain yang harus kamu lawan. Kedua, setelah kamu mengalahkan semua pemain di gym tersebut, gym akan berwarna putiih. Klik tanda/ikon di sebelah kiri bawah yang berarti kamu menandai gym tersebut sebagai milik timmu. Ketiga, selalu berada berdekatan dengan gym yang sudah kamu rebut. Sebab, gym dapat dengan mudah direbut oleh pemain lain saat kamu berjauhan dengan gym tersebut.
  • Kalau AR (augmented reality) pada ponselmu tidak berfungsi saat bermain Pokemon Go, berarti ponselmu tidak memiliki gyroscope yang mendukung AR. Tidak usah khawatir, kamu masih bisa menangkap Pokemon yang kamu inginkan. Tapi kalau kamu ingin menangkap Pokemon dalam mode real, ya kamu harus ganti ponsel.

269 pemikiran pada “Serunya Pokemon Go: Cara Bermain, Tips, dan Trik Menangkap Pokemon

        1. Anonim

          Saya punya tablet android merek aldo made in indonesia
          Tpi bs d gunakan untuk d download playstore android search pokemon go nnt tmpilkn pasang tunggu 100% mainkan gampang dn mudah d maikan

  1. Anonim

    Gan cara menggunakan revivenya gmna ea .. trus kl saya sdh mengalahkan gym team lain ko g bsa ngmbil alih yaa .. tolong donk

  2. usen

    Ko hp saya gak bisa instal pikemon go yah..padahal dah download tpi pas di buka error..please donk masukan nya hp q smsung grand duos GT19082 dan q download nya daru uc browser krna di platstore nya blum ada aplikasi pok go

    1. bagus

      Pokemon go hanya bisa d gunakan pd beberapa hp saja..
      Setau aku minim ram 2gb
      OS minim 4.4 (kitkat)
      Prosessor intel ga bisa buat game ini
      Game harus pakek paked data/wifii + GPS aktif

  3. Eko Wahyu Saputra

    Kok di hp sya gak real ya cuma kyak map aja utk nangkap pokemonya,,tpi udah asik juga sih,,cuma pengenya yg real kyak artikerl diatas,,atau ada cara utk aktfkab AR

  4. mas, saya sudah 2 hari nih main pokemon go. tapi di sekeliling saja gak ada pokemon. saya sudah jalan jauh jauh tetapi satu pun gak muncul. saya tinggal di medan. apa karena belum lengkap di medan atau gimana? dan di sekeliling saya juga gak ada pokestop. ini saya agak bingung. apa harus menunggu sampai resmi rilis di indonesia supaya bisa main?

    terima kasih🙂

            1. dananjaya

              Seperti ini min masalh di hp saya,, udah pkek wifi,, gps high accuration,, tp tidak muncul poket stop/Pokémon,, polos hanya ada map,, udah coba keliling kota,, semuanya polos,, cuma ada jalan.

  5. BINTANG BAGUS

    bang kok punya saya di atas nya kok ada tulisan Failed to detect location saya berada di daeray DIY apa itu masalah jaringan?

  6. Ping-balik: Android – adika007

  7. brambrang

    Min klo mau netasin telornya,, apakah game harus on terus..??
    Dan Kadang2 jarak yg diminta 5 km tpi udah lebih 5 km kok gak menetas2…??
    Mohon bantuannya
    Trimakasih

  8. Ping-balik: SDN JATIMULYO 4 MALANG – Tips dan Trik Bermain Pokemon Go

  9. Ping-balik: Begini Cara Bermain Pokemon Go dan Trik Menangkapnya - Portal Multimedia

      1. Alief

        Maksudnya , saya gym leadernya gan , trus pokemonnya mau tak ganti di gym tersebut , mau saya change pake pokemon lain , berarti saya harus ngalahin pokemon saya sendiri ?

  10. ian

    ketika masuk gym di daerah jauh.. ane malah kga bisa dteng ke area tersebut… kira kira ane bisa keluar dari gym dan ganti ke gym loksi dekat saya??

  11. Hanifa Assyifaa S

    Maaf gan numpang nanya kok ada tulisan not found gps terus ada 3 pokemon gak bisa diapa apain gak ada pilihannya ?

  12. gogling-gogling terus nyasar ke blog ini

    saya suka tulisannya, pemaparannya lengkap, penjelasannya padat, pertanyaan-pertanyaannya dijawab santun oleh pemilik blog. It’s nice to read it. Saya baru mulai memainkan PokemonGo dan informasi di blog ini membantu sekali. Terima kasih.

  13. Saya lagi iseng lihat daftar Top WordPress.com blogs today, eh di urutan ketiga perasaan kenal sama “catatannya Sulung”. Ternyata ngebahas pokemon go yg lagi trend saat ini, dan komennya pun sudah lebih seratus kamu balas dg ramah, salut!🙂 .

  14. Harry

    Numpang tanya nih. Ketika akan menangkap pokemon saya dapat kendala.
    Setelah sekian kali pokeball saya lempar, akhirnya pokeball yang saya lempar dapat mengenai pokemon (kena kepalanya dan kayaknya mantul). Pokemonnya hilang, tapi pokeballnya masih ada dalam ukuran kecil. Tidak ada tampilan penambahan point.
    Masalahnya, saya tidak bisa keluar dari tampilan kamera.
    Sewaktu lempar pokeball, posisi saya di dinding rumah tetangga. Karena nggak mungkin saya masuk ke rumah tetangga (karena sudah malam) untuk mendekati pokeballnya, saya langsung matiin saja tuh aplikasi. Besok paginya, saya buka aplikasi pokemon go, ternyata langsung masuk ke tampilan kamera. Dan masih ada pokeballnya.
    Sampai saya ke kantor, tampilan pokeballnya masih ada, dan masih dalam tampilan kamera.
    Gimana ya solusinya ? Ngambil pokeballnya, perkiraan jarak pokeballnya, dan keluar dari tampilan kamera ?
    Saya mau kirim screen capture nya kemana? Email, WA ?

  15. Licek Anon

    Gan gw baaru donlot. Setelah pilih ava kok ga ada perintah apa apa lagi ya. Gw tungguin 20 menitan tetep aja ga mncul perintah apa2.
    Masa ge cuma liatin ava doang gbsa main -_-
    Itu mslahnya dmna ya

    1. Haha. Iya, Mbak. Pilih yg Mbak suka aja. Biru buat Mystic, Merah buat Artos, Kuning buat Instinct. Asal jangan saling ejek antar tim lawan. Soalnya aku liat tim mystic beberapa suka gitu di media sosial. Heh3

  16. widy

    Mas, di map ku tidak muncul pokestop, gym atau pun pokemon nya. Yg cuma ada jalanan nya doank..
    Mohon bantuannya mas
    Hp: xiaomi note 2
    Lokasi : Medan

  17. fjar

    Mas , di android saya awalnya bisa trus nyoba fake gps dan gagal trus udah saya hapus tu aplikasi fake gps , imbasnya sekarang gk bisa di mainin cuma ada tulisan filed detected location .
    Ada solusi gk buat normalin ?
    Apkikasi pokemonnya sudah saya coba hapus trus download lagi tpi sama aja 😢

    1. Coba cara ini, Mas

      Pertama uninstall pokemon go – matikan gps – matikan hp , lalu hidupkan kembali – nyalakan gps – install kembali pokemon go – lalu login lagi pake akun gmail masing masing .. ini supaya sistem gpsnya ke restart dan ngikutin lokasi gps aslinya .. Semoga berhasil .. CMIIW

  18. Halo, aku uda berhasil instal Pokemon di Hp Acer aku, tapi kalo dibuka, selalu muncul : our server experience a problem right now, pls come back later.
    Dan muncul : GPS signal not found
    Padahal uda nyala.

      1. Anonim

        Iya, aku uda instal sekitar 24 jam lalu,tapi ga bisa. Langsung pencet tombol navigasi hp, bahkan hp dimatikan. Mungkin harus download ulang yah. Kamu punya download di web mana? btw, bisa balas ke emailku gaK .thx.

        Kalo tombol GPS fungsinya apa yah? HP ku kayaknya sih ok2 aja, baru beli.

  19. Tampan

    Gan mau nanya nih, gunanya tinggi dan berat pokemon apa ya? Setiap pokemon tinggi dan bratnya beda2,bagussan mana ya poke ringan or yg berat,soalnya mau fokus 1 aja yg di up trus

  20. om numpang tanya.. ane udh install smua jalan normal tapi kendalanya sama seperti yg di medan ga ada muncul pokestop,pokemon,cmn jalan sm char sndiri… jdi stuck di lvl 1 aja… ada pencerahan ga ya? lokasi di batam.. tq

    1. sama aja nasib kita yah. Si Sulung ini mgkn di Jkt tinggalnya. Wah, kayaknya gara2 hujan nih , Kartu 3 aku jadi melemah di android, maka server error katanya. Kalau mau pake Simpati ga sanggup belinya😦. Kamu download pokemonnya di mana? ngobrol di email aja mau?

    1. Hah, aku penasaran karna lihat beberapa x di Cnn news trans tv, pikir2 karna hobiku memang jalan sore, jadi bisa sambil tangkap gitu. Tapi bodoh amat kalo kayak gini, majority yang comment juga pada stres ya. Aku punya temen2 bule di chatting room dalnet, mereka bodoh amat tuh, bahkan ada ngomong : I dont know anything about pokemon. Mnrt gue, “the HELL with POKEMON GO

    1. Jgn menyuruhku sabar. Dokter bedah mulut yg membedah tulang rahangku mengatakan padaku untuk sabar sejak 14 April 2015, dan sampe saat ini , dari bibir kiri bawahku sampai dagu kiriku masih merasa kesemutan, sensasi yg sama kayak kamu disuntik buat cabut gigi. Kamu tau bagaimana rasanya hidup seperti ini?

      1. Halo. Sepertinya dari Developernya memang belum menyebar Pokemon dan Pokestop di Medan, Pontianak, Batam, dan beberapa daerah lain. Tunggu rilis resmi buat Asia aja. Siapa tau sudah diperbaiki.

        Dan omong-omong, gim ini ga banyak makan paket data kok. Yg boros baterainya.

  21. ilham prasetyo nanda

    cuma ada map nya aja gan.,., gak ada icon apapun, capek saya mutar kota pekanbaru tapi gak ketemu2 gan.,., ampe habis tuh minyak motor saya.,.,kwkwkwkw

  22. agiz

    Mau tanya bro…tiap bikin nickname kok susah bngt…gagal trus..ada tulisan nama tak tersedia..harap maklum baru amin saya download..thanks

  23. Anggit

    Ditampilan saya sudah keluar,tapi di nerby saya sudah kelihatan tanda ada pokemon,tetapi di tampilan peta hanya bulat bulat kecil seperti bidikan tembak,apa hp saya tidak suport,tetapi teman saya tau kalau di tempat yg sama itu ada pokemonnya,minta solusi

  24. Anggit

    Ditampilan saya sudah keluar,tapi di nerby saya sudah kelihatan tanda ada pokemon,tetapi di tampilan peta hanya bulat bulat kecil seperti bidikan tembak,apa hp saya tidak suport,tetapi teman saya tau kalau di tempat yg sama itu ada pokemonnya,minta solusi,hp saya samsul glx grand prime

  25. Anonim

    yang pake asus sudah bisa lo…ada update na per 13 juli 2016. yang 29.2 jangan 29.0..hp saya asus zenfone 5. udah bisa..hehehehe

  26. Odyt25

    Mau tanya dong gan, ini saya udah install, udah main namun pas mau masuk disuruh sign up lg, klik sign up google dengan akun google yg sama koq eror yaa? Ganti akun malah gak masuk masuk, ada solusi gak gan?
    Hape saya asus zenfone 5

  27. Henry

    Gan kok di map gue sama sekali gak ada pokestop ya? Gym juga gak ada. Pokemon cuma dapat yg starter aja. Udah keliling jauh2 tetep gak dapat juga. Anyway gue tinggal di batam. Mohon pencerahannya

  28. Age

    Pencerahan nya gan masuk opsi pengembang..nonaktifkan zona palsu..google map harus di perbarui..trus.pindah lokasinya hanya perangkat.jangan akurasi tinggi.main nya recomended siang..klo malem..server asing pada main..

  29. Ichun

    Di XIAOMI redmi 3 aman gan. Ane mainnya lancar banget, tiap berangkat dan pulang kerja ane selalu nyari dan ketemu, ini udah mau level 5. Tapi emang suka error sih mungkin karena masih belom resmi kali ya jadi sering perbaikan kayaknya.

  30. matthew bugs

    Gimana cara bermain untuk pertama kalinya ? Udah coba klik salah satu pokemon di tahap pertama main, tapi gak bisa – bisa.

  31. Muhajjir

    Saya pikir saya saja yg muter2 tidak jumpa pokestop dan pokemon..rupanya teman-teman yg lain juga mengalami hal yg sama..saya dari Aceh juga seperti itu…saya sudah coba di hp asus zenfone 4 saya

  32. Addam Abdillah

    Pas nangkap pokemon ,pokeball nya suka diem aja, mungkin lag kali yak,,, asus zenfone 5 normal, tangerang, banten , indonesia, normal lancar alhamdulillah,

  33. yudi90

    Tolong..tolong. gak enak baca artikel yg game pokemon go ny uda sempurna. Gan bantu dong… satu harian jalan.. kok gak da jumpa y pokemon ato yg laen ny di layar. Yg ada cuman avatarny aja berdiri sama tampilan jalan aja. Kan kasihan avatar sama ane jalan mulu. Gak da yg jumpa. Buat yg sama sperti sya hahahahaa asek y gan..jalan2 mulu.

  34. rira

    Mau nanya nih, daerahku d makassar. D sna alhamdulillah ad pokestopnya, gym, n pokemonnya. Sy sering berburu bareng kk dan adik sy. Wktu ad sinyal (bax kmpulan pokemon bermunculan), mengapa cuma trbaca d map sy n kk sy.?? Sdngkn adik sy t trbaca d map nya pokemon, hax pokestop n gym sja? Punya adek sy samsung galaxy tab 2.

  35. nani

    Jika muncul kolom dg pertanyaan seperti ini: “enter the nickname that othet trainers will use for you….
    apa yang harus saya lakukan?

  36. maybee26

    awal2 rilis di negeri orang ada adek yg sempet ngetes di hape saya krn di hapenya gak bisa dan ternyata di hape saya bisa.. tapi skrg udah dihapus soalnya gak pernah main, gak sempet lg buat main.. 😅😌

  37. Ping-balik: Pokemon Go Tips Dan Trik – Pokemon Go #1

  38. Ping-balik: Tips dan Trik Bermain Pokemon Go - Liput.ID

Biasakan Berkomentar Setelah Membaca, Ya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s